MEDIA PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN EFEKTIF
Abstract
Belajar merupakan proses penambahan ilmu ,.pengetahuan. Proses
yang menuntut terjadinya interaksi antara pendidik dan peserta
didik dalam situasi belajar. Akan tetapi dalam interaksi ~ belajar
mengajar sering berlangsung tidak efektif dan membosankan yang
menyebabkan tujuan belajar tidak dapat tercapai dengan optimal,
hal tersebut disebabkan banyak hal diantarannya penataan
lingkungan menjadi media yang efektif untuk belajar tidak
didesain dengan baik.
Dalam proses belajar mengajar lingkungan perlu dirancang atau
didesain menjadi media pendidikan untuk meinbantu belajar agar
proses belajar berjalan dengan efektf. Lingkungan belajar yang
didesain dengan menyenagkan akan dapat membuat belajar
berlangsung efektif. Aspek lingkungan yang dijadikan media
belajar efektif seperti pemberian gambar, pengaturan bangku,
pemberian warna, pengunaan alat peraga yang tepat akan
membuat belajar menjadi menyenankan dan efektif.
yang menuntut terjadinya interaksi antara pendidik dan peserta
didik dalam situasi belajar. Akan tetapi dalam interaksi ~ belajar
mengajar sering berlangsung tidak efektif dan membosankan yang
menyebabkan tujuan belajar tidak dapat tercapai dengan optimal,
hal tersebut disebabkan banyak hal diantarannya penataan
lingkungan menjadi media yang efektif untuk belajar tidak
didesain dengan baik.
Dalam proses belajar mengajar lingkungan perlu dirancang atau
didesain menjadi media pendidikan untuk meinbantu belajar agar
proses belajar berjalan dengan efektf. Lingkungan belajar yang
didesain dengan menyenagkan akan dapat membuat belajar
berlangsung efektif. Aspek lingkungan yang dijadikan media
belajar efektif seperti pemberian gambar, pengaturan bangku,
pemberian warna, pengunaan alat peraga yang tepat akan
membuat belajar menjadi menyenankan dan efektif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.