PEMBELAJARAN VISUAL MODEL "VIDEO CRITIQUE" (Suatu kajian dari sebuah :Penelitian Tindakan Kelas)

Djauhar Siddiq, , Indonesia

Abstract


Sebagai salah satu bidang' utama dalam pengembangan media,
penguasaan terhadap konsep-konsep visual dalam mata kuliah-mata kuliah
yang linear dalam pengembangan media audio visual sangatlah penting.
Masalah yang seringkali muncul (berdasarkan pengalaman dalam mengajar)
adalah mahasiswa kurang memiliki sinkronisasi pada pengembangan konsep
berpikir visual pada mata kuliah-mata kuliah audio visual. Pola pikir
mahasiswa masih berada pada tingkat abstrak dan belum mampu menguasai
secara tuntas mata kuliah-mata kuliah linear tersebut. Sebagai salah satu
strategi pembelajaran aktif dengan konsep full class learning, penggunaan
strategi vide() critique merupakan strategi yang mengutamakan keaktifan
mahasiswa dalam melakukan analisis terhadap konsep-konsep visual di
dalam layar. Prosedur yang dilakukan dalam pembelajaran visual model
vide() critique diawali dengan memilih video tertentu yang berhubungan
dengan pokok bahasan yang akan dikuasai mahasiswa pada pertemuan
tertentu, kemudian mahasiswa diberi konsep-konsep penting yang akan
digunakan dalam pembelajaran tersebut, selanjutnya, setelah penyajian
video mahasiswa melakukan diskusi dengan menggunakan model video
critique. Ada banyak variasi kegiatan yang dapat digunakan untuk
mengembangkan model · ini, mengingat mata kuliah Media Pembelajaran
menun1'!t adanya penguasaan materi yang cukup kompleks. Berdasarkan
·'femuan hasil penelitian penerapan model video critique ini penerapan model
video critique dapat meningkatkan penguasaan mahasiswa akan materi
pembeiajaran konsep visual sebesar 21.94 % dan lebih sesuai digunakan
untuk mahasiswa yang telah memiliki pengetahuan awal tentang konsep
visual dasar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.