PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN EVALUASI PENDIDIKAN DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembetajatal] . ·.
melalui evaluasi berbasis portofolio pada--mata kuliah Evaluasf :• · ·
Pendidikan. Hal ini berkaitan dengan masalah yang ada yakni ·
masih cenderung teacher oriented, sehingga mahasiswa belum
belajar secara optimal memanfaatkan potensi dan sumber - sumber
belajar. Metode penelitian tindakan kelas yang diaplikasikan dalam
penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan informasi tentang
bagaimana aksi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan
tersebut. Penelitian ini dilakukan oleh tiga orang peneliti, seorang
diantaranya sekaligus sebagai pengajar. Adapun peserta mata
kuliah ini sebanyak 30 mahasiswa dan sebagian besar mereka
adalah mahasiswa semester tiga. Berdasarkan analisis data clan
pembahasannya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Penerapan evaluasi portofolio dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran.Peningkatan tersebut tampak pada peningkatan
prestasi belajar, kreativitas, ketekunan, kemandirian, daya kritis
serta percaya diri/penghargaan diri yang positif terhadap
kemampuan masing-masing mahasiswa. Karya-karya mahasiswa
sekaligus menjadi bahan acuan perkuliahan yang bersifat mutahir
dan relevan dengan konteks permasalahan yang ada. Di samping ·
itu mahasiswa perlu mendapatkan kejelasan dan kebermanfaatan
tugas belajar yang dilakukan, dengan demikian mahasiswa akan
melakukan aktivitas belajar dengan penuh motivasi.
melalui evaluasi berbasis portofolio pada--mata kuliah Evaluasf :• · ·
Pendidikan. Hal ini berkaitan dengan masalah yang ada yakni ·
masih cenderung teacher oriented, sehingga mahasiswa belum
belajar secara optimal memanfaatkan potensi dan sumber - sumber
belajar. Metode penelitian tindakan kelas yang diaplikasikan dalam
penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan informasi tentang
bagaimana aksi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan
tersebut. Penelitian ini dilakukan oleh tiga orang peneliti, seorang
diantaranya sekaligus sebagai pengajar. Adapun peserta mata
kuliah ini sebanyak 30 mahasiswa dan sebagian besar mereka
adalah mahasiswa semester tiga. Berdasarkan analisis data clan
pembahasannya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Penerapan evaluasi portofolio dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran.Peningkatan tersebut tampak pada peningkatan
prestasi belajar, kreativitas, ketekunan, kemandirian, daya kritis
serta percaya diri/penghargaan diri yang positif terhadap
kemampuan masing-masing mahasiswa. Karya-karya mahasiswa
sekaligus menjadi bahan acuan perkuliahan yang bersifat mutahir
dan relevan dengan konteks permasalahan yang ada. Di samping ·
itu mahasiswa perlu mendapatkan kejelasan dan kebermanfaatan
tugas belajar yang dilakukan, dengan demikian mahasiswa akan
melakukan aktivitas belajar dengan penuh motivasi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.