PENGEMBANGAN INTRUMEN EVALUASI MEDIA MODUL PEMBELAJARAN

Sungkono Sungkono,

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen evaluasi media modul pembelajaran untuk mahasiswa yang dapat digunakan untuk mengevaluasi modul dari aspek materi, pembelajaran dan aspek permediaan.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall yaitu 1) Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) Melakukan perencanaan 3) Mengembangkan produk awal  4) Melakukan uji coba permulaan, 5) Melakukan revisi terhadap produk utama  6) Melakukan uji lapangan utama, 7) Melakukan revisi terhadap produk operasional 8) Melakukan uji lapangan operasional 9) Melakukan revisi terhadap produk akhir 10) Mendesiminasikan dan mengimplementasikan produk.. Subjek penelitian 1 ahli materi, 2 ahli media dan 5 mahasiswa untuk uji utama dan 14 mahasiswa untuk uji operasional.  Metode pengumpulan data yaitu angket.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik  deskriptif.

Hasil penelitian secara umum menunjukkan  bahwa Instrumen Evaluasi Modul Pembelajaran untuk mahasiswa yang mencakup aspek fisik, aspek pendahuluan, aspek isi, aspek tugas/evaluasi, dan aspek rangkuman pada kategori baik dan dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengevaluasi modul pembelajaran untuk mahasiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.