UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS KONSEPKENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN MELALUI PENGGUNAAN PETABAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 01 KARANGREJO SEMESTER I TAHUN 2009/2010

Winarni .,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan nilai motivasi dan hasilbelajar IPS melalui peta bagi siswa kelas V semester I SD Negeri 01 Karangrejo.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan modelsiklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guruSD Negeri 01 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlahsiswa 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaradokumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktifyang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatanhasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Karangrejo, setelah diadakan tindakankelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswameningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakan dansesudah dilakukan penelitian tindakan. Pada proses pembelajaran, dari frekuensinilai dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS padapembelajaran pra siklus nilai rata-rata kelas yang dicapai adalah 65,9, pada siklus Inilai rata-rata kelas yang dicapai adalah 70,9, dan pada siklus II nilai rata-rata kelasyang dicapai adalah 74,8. Prosentase jumlah siswa yang memperoleh nilai di atasKKM juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus siswa yang tuntas ataumemperoleh nilai sama dengan KKM atau di atas KKM ada 14 anak (63,6 %),pada siklus I ada 17 anak (77,3%), dan pada siklus II ada 22 anak (100 %)..Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar IPS konsepkenampakan alam dan buatan bagi siswa kelas V di SD Negeri 01 Karangrejokecamatan Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2009 /2010 dapat ditingkatkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.