UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWATENTANG MELAKUKAN WAWANCARA MELALUI METODE DEMONSTRASIBAGI SISWA KELAS V SEMESTER I SDN 02 GANTENTAHUN PELAJARAN 2011/2012

SARWIASIH, S.Pd .,

Abstract


Oleh: ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kreativitas dan hasilbelajar bahasa jawa melalui melalui demonstrasi bagi siswa kelas V semester ISD Negeri 02 Ganten. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasdengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaituperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitianadalah siswa kelas V SD Negeri 02 Ganten kecamatan Kerjo kabupatenKaranganyar dengan jumlah siswa 22 anak. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, kajian dokumen, tes. Teknik analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatanhasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Ganten, setelah diadakan tindakankelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswameningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakandan sesudah dilakukan penelitian tindakan. Pada proses pembelajaran, darifrekuensi nilai dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaranBahasa Jawa pada pembelajaran pra siklus nilai rata-rata kelas yang dicapaiadalah 65 (tahap I) dan 66 (tahap II), pada siklus I nilai rata-rata kelas yangdicapai adalah 67 (tahap I) dan 68 (tahap II), pada siklus II nilai rata-rata kelasyang dicapai adalah 69 (tahap I), dan 70 (tahap II) . Prosentase jumlah siswa yangmemperoleh nilai di atas KKM juga mengalami peningkatan. Pada siklus I tahap Iada 13 anak (59,1%) dan tahap II ada 18 anak (81,8 %), dan pada siklus II tahap Iada 20 anak (90,9%), tahap II ada 21 anak (95,5%). Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa kreativitas dan hasil belaja bahasa Jawa tentang melakukanwawancara bagi siswa kelas V di SD Negeri 02 Ganten kecamatan KerjoKaranganyar tahun pelajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.