ESENSI “MENGHIDUPKAN” RUANG KELAS BAGIPENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN EFEKTIF

Isniatun Munawaroh,

Abstract


Upaya menghidupkan ruang kelas dalam rangka prngelolaan kelas yang efektifyang diarahkan pada tercapainya tujuan pendidikan memerlukan penyikapanyang simultan dari berbagai pihak yang terlibat dalam proses belajar, tertutamaguru dan peserta belajar. Guru dituntut dapat secara leluasa mengembangkankreativitasnya untuk menciptakan suasana yang kondusif yang memungkinkanpeserta belajar dapat berekspresi dengan leluasa, menyenangkan dan penuhantusiasme serta dapat menangkap esensi berbagai hal yang mereka pelajari. Dipihak lain, peserta belajar juga harus disiapkan untuk terbiasa dalam situasiyang mengandalkan kemandirian dan penuh dengan inovasi sehingga merekatidak lagi secara pasif menunggu dan menyikapi instruksi dari guru. Tanpaperubahan sikap seperti ini dapat dipastikan proses belajar akan tetap tidakberkembang. Di samping itu, aktivitas guru dalam mengelola kelas perlu jugadidukung secara institusional oleh sekolah sebagai lembaga penyelenggaranpendidikan dalam bentuk kebijakan-kebijakan, kemudahan akses informasi,dan dukungan fasilitas belajar yang memadai. Sinergi seluruh komponen inilahyang akan menyuburkan suasana pembelajaran yang aktif dan bermakna dansebagai kunci sukses pengelolaan kelas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.