Kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan jasa Fitness Center HSC Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
Betrix Teofa Perkasa Wibafied Billy Yachsie, Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hendra Setyawan, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nursida Arif, Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Lintang Waskita Puri, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna di Fitness Center HSC Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pengguna fitness center HSC Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan sampel sejumlah 100 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survei menggunakan instrumen angket. Objek penelitian ini berupa kepuasan pengguna fitness center HSC yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan mengkonversikan menjadi kategori sangat memuaskan, memuaskan, tidak memuaskan, dan sangat tidak memuaskan. Penelitian mengambil subjek pengguna fitness center HSC Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta menurut jenis kelamin antara pengguna laki-laki sebanyak 73 orang dan perempuan sebanyak 23 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan yang diterima oleh pengguna fitness center HSC Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta adalah memuaskan dengan presentase sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum kualitas pelayanan jasa yang diberikan adalah memuaskan baik yang dirasakan oleh member laki-laki maupun perempuan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan terhadap bagaimana kualitas pelayanan jasa yang diberikan fitness center HSC Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta kepada pengguna agar di masa yang akan datang dapat memberikan pelayanan jasa yang lebih baik.
User satisfaction on quality of services in hsc fitness center Faculty of Sports Science Yogyakarta State University
Abstract
This study aims to determine user satisfaction with quality in the HSC fitness center, Faculty of Sports Science, Yogyakarta State University. This research is quantitative descriptive research. The subjects of this study were users of the HSC fitness center, Faculty of Sports Science, Yogyakarta State University. This study used a sample size of 100 respondents. Sampling using the purposive sampling method. The method used in data collection is a survey using a questionnaire instrument. The object of this research is the satisfaction of users in the HSC fitness center which includes tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The data analysis technique used is a quantitative descriptive analysis by converting into categories of very satisfactory, satisfactory, unsatisfactory, and very unsatisfactory. The study took the subject of users of the HSC Fitness center, Faculty of Sports Science, Yogyakarta State University according to gender, between 73 male users and 23 female users. The results showed that the satisfaction received by users of the HSC fitness center, Faculty of Sports Science, Yogyakarta State University was satisfactory with a percentage of 82%. Based on the results of the study, in general, the quality of the services provided is satisfactory for both male and female members. The results of this study can be used as a reference for the quality of services provided by the HSC fitness center, Faculty of Sports Science, Yogyakarta State University
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Nourmayansa Vidya, Serri Hutahaean, and Rizki Amalia. (2021). Peningkatan Kebugaran Tubuh Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Kerja Bagi Pekerja Di Masa Pandemi Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS 4 (3): 47–55
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aritonang R. Lerbin. R, (2005), Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ariyani, F. (2008). Membangun loyalitas nasabah melalui peningkatan kualitas pelayanan dan keunggulan produk (studi empiris pada pt. bank bukopin tbk di kota semarang), Tesis, Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang.
Baena Arroyo, M. J., García-Fernández, J., Gálvez-Ruiz, P., & Grimaldi-Puyana, M. (2020). Analyzing consumer loyalty through service experience and service convenience: differences between instructor fitness classes and virtual fitness classes. Sustainability, 12(3), 828.
Gultom, Dedek Kurniawan, Muhammad Arif, and Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3 (2): 171–80. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5290.
Hotima, Siti Husnul. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Era New Normal. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu 3 (2): 188–205. https://doi.org/10.37849/mipi.v3i2.200.
Kartika, Yuni, Farida Pramestian, Nahdiah Masayu, Fathurrohmah Hasanah, Febri Fera, and Ridwan Arifin. (2021). Penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Desa Kalirancang, Alian, Kebumen. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 7 (1): 78–87. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p78-87.
Kotler, P., et al. (2002). Manajemen pemasaran. Jilid Satu. (Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli dan Benjamin Molan. Terjemahan). Jakarta: Prenhallindo. Buku asli diterbitkan tahun 2000.
Kumar, M., Kee, F. T., & Manshor, A. T. (2009). Determining the relative importance of critical factors in delivering service quality of banks: an application of dominance analysis in servqual model, Managing Service Quality, 19(2), 211-228.
Levesque, Roger J.R. (2011). Encyclopedia of Adolescene. USA: Springer Science Business Media
Lovelock, C., Wirtz & Mussry. (2005). Services Marketing. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R & Sumardianto. (2007). Filsafat olahraga. Jakarta: Depdiknas.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa: teori dan praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Maysizar, Annisa., P. (2019). Trend Gaya Hidup Sehat di Fitness center. Lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/57135/.
Nasrulloh, A., Sumaryanto, S., Nugroho, S., & Antoni, M. S. (2021). Does the Implementation of the Management Function Have an Impact on Service Quality? A Study at the HSC Fitness Center. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(5), 1019-1028.
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Parasuraman, A. (2001). The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing,Vol 60.
Parasuraman, A. et al. (2008). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Axpectations. USA: The Free Pres Collier Macmillan Publisher.
Patmawati, Patmawati, and Rahmayani Rahmayani. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Rumah Tangga Dipatanpanua Di Masa Pandemi Covid-19. Bina Generasi : Jurnal Kesehatan 13 (1): 87–99. https://doi.org/10.35907/bgjk.v13i1.200.
Powell Mark. A. (2011). Physical Fitness: Training, Effects, and Maintening.Nova Science Publisher. Inc: New York.
_____________, Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
Prasetyandari, Cici Widya. (2021). Dampak Covid-19 Bagi Roda Perekonomian Bagi Masyarakat Indonesia. Jurnal Imagine 1 (1): 12–16. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i1.172.
Prasetyo, Yudik. (2013). Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional. MEDIKORA 11 (2). https://doi.org/10.21831/medikora.v11i2.2819
Rohaeni, Heni, and Nisa Marwa. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica. 2 (2): 7.
Setyaningrum, Gracia Devina, Idfi Setyaningrum, and Firman Rosjadi Doemadji. (2021). Strategi Bertahan Industri Batik Di Kampoeng Batik Laweyan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 25 (1): 32–39. https://doi.org/10.24123/jeb.v25i1.4769.
Setyawati, N. (2020). Implementasi Sanksi Pidana Bagi Masyarakat Yang Beraktivitas Di Luar Rumah Saat Terjadinya Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development.
Soegiyanto. (2013). Keikutsertaan Masyarakat dalam Kegiatan Olahraga. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 3.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Supranto, J. (2001). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan: untuk menaikkan pangsa pasar. Cet. 2. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Thein, Kyaw. (2019). Fators Influencing Customer Satisfaction and Loyalty of Gym Fitness Center. Yangon University of Economis Department of Management Studies MBA Programme.
Vieira, E., & Ferreira., J. (2017). Strategic Framework Of Fitness Clubs Based On Quality Dimensions: The Blue Ocean Strategy Approach. Total Quality Management & Business Excellence, DOI: 10.1080/14783363.2017.1290523
Wayan, N. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Honda Nusa Dua Kabupaten Badung. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 12: 7956-7983.
Zineldin, Mosad. (2006). The Royalty of Loyalty: CRM, Quality and Retention. Journal of Consumer Marketing, 23 (7) ISSN 0736-3761 : Hlm. 431-463.
DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v21i2.53873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 MEDIKORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
In Collaboration with: