Pelatihan digitalisasi sistem pertandingan bola voli untuk meningkatkan kompetensi wasit
Nasuka Nasuka, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Anggit Wicaksono, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Wiga Nurlatifa Romadhoni, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Dewangga Yudhistira, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Wasit dalam olahraga bola voli memiliki peran penting untuk melaksanakan dan mengambil keputusan dalam pertandingan. Wasit dalam olahraga bola voli dapat mempengaruhi keberhasilan individu dan tim bola voli. Oleh karena itu, kompetensi seorang wasit bola voli menjadi hal yang sangat diperlukan, terlebih lagi di era revolusi industry 4.0 adalah sistem berbasis teknologi, sehingga sistem pertandingan menggunakan digital. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pelatihan kepada wasit kemudian menguji kompetensi setelah diberikan pelatihan. Metode penelitian adalah eksperimen dengan pendekatan pretest-postest desain, partisipan dalam penelitian ini adalah wasit bola voli berjumlah 72, teknik pengumpulan dan isntrumen data adalah tes, teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan uji nonparametrics Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai minimal pada tes awal adalah 40 nilai minimal pada tes akhir adalah 46, nilai maximal pada tes awal adalah 74 dan nilai maximal pada tes akhir adalah 80 sedangkan pada nilai mean tes awal adalah 60,89 dan nilai mean tes akhir adalah 65.59. Hasil nilai Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0.000<0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan pemahaman wasit terhadap digitalissasi sistem pertandingan bola voli. Oleh karena itu program pelatihan adalah penting sehingga pelatihan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para wasit bola voli.
Improving volleyball referees competence through digitalization volleyball match system
Abstract
Referees in the sport of volleyball have an important role to carry out and make decisions in matches. Referees in the sport of volleyball can influence the success of individual and volleyball teams. Therefore, the competence of a volleyball referee is an indispensable thing, especially in the era of the industrial revolution 4.0 is a technology-based system, so the match system uses digital. The purpose of this study is to provide training to referees and then test competencies after being given training. The research method is an experiment with a pretest-postest design approach, the participants in this study are 72 volleyball referees, the data collection and amendment technique is the test, the data analysis technique is descriptive analysis, and the Wilcoxon nonparametric test with the help of SPSS version 23. The results show that the minimum score on the initial test is 40, the minimum score on the final test is 46, the maximum value on the initial test is 74 and the maximum value on the final test is 80 while the mean value for the initial test is 60.89 and the mean value for the final test is 65.59. Asymp value results. The sig (2-tailed) is 0.000<0.05 so it can be concluded that there is a significant increase in the improvement of the competence and understanding of referees towards the digitization of the volleyball match system. Therefore the training program is important so that the training can add insight and knowledge to the volleyball referees
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.
Bulturbayevich, M. B., Ikromjonovich, T. I., & Mahmudjon o’g’li, H. N. (2021, December). TYPES OF COMPETENCE. In Conference Zone (pp. 281-286).
Bloß, N., Schorer, J., Loffing, F., & Büsch, D. (2020). Physical Load and Referees ’ Decision-Making in Sports Games : A Scoping Review. January 2019, 149–157
Closs, B., Burkett, C., Trojan, J. D., Brown, S. M., Mary, K., Closs, B., Burkett, C., Trojan, J. D., Brown, S. M., & Mulcahey, M. K. (2019). Recovery after volleyball : a narrative review. The Physician and Sportsmedicine, 0(0), 1–9. https://doi.org/10.1080/00913847.2019.1632156
Cohen, Y., Faccio, M., Pilati, F., & Yao, X. (2019). Design and management of digital manufacturing and assembly systems in the Industry 4.0 era. The International Journal of Advanced Manufacturing Technology, 105(9), 3565-3577.
Dewangga Yudhistira, T. (2020). Content Validity of Agility Test in Karate Kumite Category. Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(5), 211-216.
Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal EduTech, 2(2), 46–58.
Febrianty, M. F., & Sutresna, N. (2020). Efek Pelatihan Wasit Melalui Virtual Meeting Terhadap Peningkatan Kompetensi Sdm Wasit Senam Tingkat Provinsi Tahun 2020. Jurnal Penjakora, 7(2), 165-173.
Gaetano, R. (2012). Motor learning and didactics into physical education and sport documents in middle school-first cycle of education in Italy. Journal of physical education and sport, 12(2), 157.
Gunawan, A., & Doewes, M. (2020). ( Basic Interpretive Study on the Referee of Indonesian Basketball Association ). 4(1).
Guillén, F., & Feltz, D. L. (2011). A conceptual model of referee efficacy. Frontiers in psychology, 2, 2
Hastuti, T. A., Jatmika, H. M., Pratama, K. W., & Yudhistira, D. (2021). The Level of Understanding of Pedagogical Competence of Physical Education, Health and Recreation Students of Sports Science Faculty. Teorìâ Ta Metodika Fìzičnogo Vihovannâ, 21(4), 310-316.
Jayanthi, Y., & Cahyana, A. (2017). Pengaruh Hasil Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Di Balai Pelatihan Manajerial Pt. Kai Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2).
Kasih, I., Marpaung, D. R., & Eva Faridah, A. (2022). Volleyball Refereeing Score Sheet Learning Device Application-Based. Journal of Positive School Psychology, 133-148.
Khurotin, N., & Afrianty, T. W. (2018). Analisis pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT Beon Intermedia Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 64(1), 195– 203.
Kumar, S., Suhaib, M., & Asjad, M. (2021). A framework for transforming Indian sports goods manufacturing industry. South Asian Journal of Business and Management Cases, 10(3), 313-326. https://doi.org/10.1177/22779779211040191
Knapp, T. R. (2016). Why is the one-group pretest–posttest design still used?. Clinical Nursing Research, 25(5), 467-472.
Nasrulloh, A., Deviana, P., Yuniana, R., & Pratama, K. W. (2021). The Effect of Squat Training and Leg Length in Increasing the Leg Power of Volleyball Extracurricular Participants. Teorìâ Ta Metodika Fìzičnogo Vihovannâ, 21(3), 244–252. https://doi.org/10.17309/TMFV.2021.3.08
Nasrulloh, A., Apriyanto, K. D., Yuniana, R., Dev, R. D. O., & Yudhistira, D. (2022). Developing Self Body Weight Training Methods to Improve Physical Fitness in the COVID-19 Era: Aiken Validity. Journal of Hunan University Natural Sciences, 49(6).
Permatasari, I., & Hardiyan, H. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tangerang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 1-8.
Richardo, J. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Prudential Cabang Mrt Stars. Agora, 3(2).
Rullang, C., Emrich, E., & Pierdzioch, C. (2017). Why do referees end their careers and which factors determine the duration of a referee’s career?. Current Issues in Sport Science (CISS).
Santoso, J. A., Julianur, J., Mahardhika, N. A., & Jusuf, J. B. K. (2022). Peningkatan Mutu Wasit Dan Juri Kabaddi Di Wilayah Berau Menuju Porprov VII Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan, 2(1), 1-10.
Suripto, H. (2022). Desain Energi Surya Untuk Score Board Otomatis Pada Olahraga Bola Voli. ENOTEK: Jurnal Energi dan Inovasi Teknologi , 1 (2), 1-4
Sulistiyono, S., Suherman, W. S., Pambudi, D. K., & Martono, M. (2022). Validitas dan reliabelitas instrumen penilaian pengelolaan sekolah sepakbola berbasis sistem manajemen mutu. MEDIKORA, 21(1), 61-70. Sulistiyono, S. (2020). Profil kondisi fisik: kecepatan, daya tahan, kelincahan, dan daya ledak siswa sekolah sepakbola kelompok 15 tahun tingkat elit dan non-elit di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. MEDIKORA, 19(1), 33-39.
Sulistiyono, S. (2020). Profil kondisi fisik: kecepatan, daya tahan, kelincahan, dan daya ledak siswa sekolah sepakbola kelompok 15 tahun tingkat elit dan non-elit di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. MEDIKORA, 19(1), 33-39.
Wahyuningtyas, D., & Katminingsih, Y. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 204-214.
Yudhistira, D., Suherman, W. S., Wiratama, A., Wijaya, U. K., Paryadi, M. F., Hadi, H., ... & Jufrianis, K. W. P. (2021). Content Validity of the HIIT Training Program in Special Preparations to Improve the Dominant Biomotor Components of Kumite Athletes.
Yulianto, W. D., & Yudhistira, D. (2021). Content Validity of Circuit Training Program and Its Effects on The Aerobic Endurance of Wheelchair Tennis Athletes. International Journal of Kinesiology and Sports Science, 9(3), 60-65
DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v21i2.51984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 MEDIKORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
In Collaboration with: