PEMASARAN OLAHRAGA MELALUI BERBAGAI EVENT OLAHRAGA
Abstract
Pada era globalisasi ini muncul terminologi sportainment yang memberikan peneguhan bahwa olahraga bukan lagi sekadar sebuah tontonan melainkan sebuah industri hiburan dan bisnis pertunjukkan yang mampu menghadirkan ribuan penonton dan jutaan pemirsa. Kini, ada tiga event olahraga yang menjadi ikon global, yaitu pertandingan sepak bola Piala Dunia, lomba balap mobil Formula 1, dan pertandingan olahraga multievent Olimpiade.
Olahraga jika dikelola secara profesional dapat mendatangkan keuntungan ekonomi di samping keuntungan nonekonomi. Olimpiade Los Angeles 1984 merupakan Olimpiade Modern pertama yang menerapkan pendekatan logika ekonomi melalui sport business dengan melibatkan banyak sponsor. Keuntungan yang berhasil dikumpulkan dari kegiatan multievent empat tahunan itu sebesar US $223 juta.
Keberhasilan suatu negara menyelenggarakan event olahraga ini tidak terlepas dari peran pemasaran. Untuk memasarkan sebuah event olahraga diperlukan strategi khusus yang dikenal dengan bauran pemasaran, yaitu kiat kelompok pemasaran yang digunakan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran. Media massa punya peran penting dalam menumbuhkan brand image tentang sebuah produk tertentu kepada konsumen melalui tayangan event olahraga.
Kata Kunci: pemasaran olahraga, event olahraga
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Indexed by:
In Collaboration with: