AKTIVITAS AKUATIK SEBAGAI TERAPI PSIKIS BAGI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4690Abstract
Teknologi dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas. Aktivitas hidup manusia dapat dilakukan dengan lebih efisien, apabila ditunjang oleh teknologi. Efisiensi tersebut menyangkut pula pada pemanfaatan waktu luang yang digunakan setelah menyelesaikan aktivitas utama. Pemanfaatan waktu tersebut bisa mencakup aktivitas yang tidak jauh pula dari penggunaan teknologi, seperti: game online, playstation, ataupun sekedar menonton televisi.
Aktivitas ini merugikan bagi anak, apabila berlangsung tanpa kendali. Aktivitas ini akan mempengaruhi perkembangan fisik serta psikologis anak, apalagi saat anak dipisahkan dari kegiatan kesukaannya tersebut. Anak bisa saja marah, kecewa, serta stres meski dalam tingkatan yang rendah. Hal ini akan berdampak baik secara langsung terhadap kesehatan psikisnya anak tersebut. Makalah ini akan membahas tentang peran aktivitas akuatik sebagai media terapi bagi kesehatan psikis anak.
Aktivitas akuatik dalam wujud permainan di air diharapkan dapat menjadikan anak lebih bisa mengungkapkan perasaan, pemikiran serta jati dirinya. Setelah anak mengikuti aktivitas akuatik tersebut anak menjadi lebih mengerti akan kondisi dirinya. Hal ini akan berakibat kesehatan psikis anak akan menjadi lebih baik.
Kata Kunci: aktivitas akuatik, terapi psikis, anak
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Medikora allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.