KEMAMPUAN MOTORIK KASAR TUNAGRAHITA KELAS DASARMAMPU DIDIK DIUKUR MELALUI DASAR PERMAINAN BOLATANGAN

Wulanning Dyah Eka Pradani , Sumaryanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar kemampuan motorik kasaranak tunagrahita kelas dasar mampu didik diukur melalui dasar permainan bola tangandi SLB C Senuko Godean Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metodesurvei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan test. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita SLB C Senuko Godean Sleman yangberjumlah 20 responden, dan seluruh anggota populasi dijadikan subyek penelitian. Ujivaliditas instrumen menggunakan korelasi product moment dan diperoleh hasil 20 soaldinyatakan valid dengan nilai korelasi ≥ r tabel 0.4259 atau probabilitas output SPSS ≤0,05. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperolehkoefisien reliabilitas antara 0.80-1.00. Teknik analisis data menggunakan analisisdeskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak tunagrahitakelas dasar mampu didik diukur melalui dasar permainan bola tangan di SLB CSenuko Godean Sleman mempunyai kategori baik, adapun hasilnya secara keseluruhandiketahui bahwa sebanyak 87.5 % mempunyai motorik kasar baik , dan sebanyak 12.5% mempunyai motorik kasar tidak baik. berdasarkan faktor pembelajaran passing dapatdiketahui bahwa sebanyak 90 % mempunyai motorik kasar baik , dan sebanyak 10 %mempunyai motorik kasar tidak baik. berdasarkan faktor pembelajaran dribbling dapatdiketahui bahwa sebanyak 85 % mempunyai motorik kasar baik , dan sebanyak 15 %mempunyai motorik kasar tidak baik. berdasarkan faktor pembelajaran shotting dapatdiketahui bahwa sebanyak 85 % mempunyai motorik kasar baik , dan sebanyak 15 %mempunyai motorik kasar tidak baik.Kata kunci: Kemampuan, Motorik Kasar, Bola Tangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v14i1.4570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats