The effect of online learning on students’ understanding of football learning during the Covid-19 pandemic

Komarudin Komarudin, Yogyakarta State university, Indonesia
Rizka Prihandana Nugraha, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


This study aims to determine the effect of online learning on students' understanding of football material during the COVID-19 pandemic. The type of research used is quantitative research with an associative approach, research that seeks a causal relationship between one variable X and variable Y. The data collection technique used in this study is a survey method with instruments in the form of questionnaires and multiple-choice tests. The subjects in this study were students of Aisyiyah Fullday Wedi Junior High School class VIII, Klaten Regency, Central Java Province amounting to 87 people who were determined using the Total Sampling technique. The data analysis technique used in this study is to use statistics with the F test and Product Moment. The results of the study indicate that there is an effect of online learning on students' understanding of football material at Junior High School Aisyiyah Fullday Wedi, Klaten Regency, Central Java Province during the Covid-19 pandemic. This can be seen from the simple linear regression equation Y= 9.610 + 0.413 X and the close relationship between X variable (online learning) and Y variable (understanding football material) which is 0.694 so it is included in the level of a strong relationship. And the contribution (donations) that exist in the X variable to the Y variable is 4.82% while 95.18% is influenced by other variables. From these results, it can be seen that there is an increase or decrease in students' understanding of football material, one of which is influenced by Online Learning at Aisyiyah Fullday Wedi Junior High School, Klaten Regency, Central Java Province.

Pengaruh pembelajaran daring terhadap pemahaman materi sepakbola peserta didik pada masa pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap pemahaman materi sepakbola pada peserta didik pada masa pandemi coovid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, penelitian yang mencari hubungan sebab akibat antara satu variabel X dengan variabel Y. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan instrumen yang berupa angket dan tes soal pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama Aisyiyah Fullday Wedi, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah kelas VIII yang berjumlah 87 orang yang ditetapkan menggunakan teknik Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik dengan uji F dan Product Moment. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap pemahaman materi sepakbola peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Aisyiyah Fullday Wedi, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah pada masa pandemi Covid-19. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sederhana Y = 9,610 + 0,413X dan keeratan hubungan variabel X (pembelajaran daring) terhadap variabel Y (pemahaman materi sepakbola) yaitu sebesar 0,694 sehingga termasuk dalam tingkat hubungan yang kuat. Serta Kontribusi (sumbangan) yang ada pada variabel X terhadap variabel Y sebesar 4,82% sedangkan 95,18% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil tersebut terlihat meningkat atau menurunnya pemahaman peserta didik pada materi sepakbola salah satunya dipengaruhi oleh Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama Aisyiyah Fullday Wedi, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.


Keywords


Pembelajaran Daring, Pemahaman PJOK, Sepakbola, Online Learning, Understanding, Football, Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Abdul Alim. (2012). Pengaruh Olahraga Terprogram terhadap Tekanan Darah dan Daya Tahan Kardiorespirasi pada Atlet Pelatda Sleman Cabang Tenis Lapangan. Jurnal Medikora. Volume VIII Nomor. 2 Hal 21-24 Tahun 2012.

Ahmad Jayul dan Edi Irwanto. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. Volume 6 Nomor 2 Hal. 190 – 199 Tahun 2020.

Bawono, Anton. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN. Salatiga press.

Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. United States of America. Brooks/Cole.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fehr AR, Perlman S,. (2015). Coronavirus: An Overview of Their Replication and Pathogenesis. Methods Mol Biol. 2015; 1282: 1-23.

Festiawan, R., Hooi, L. B., Widiawati, P., Yoda, I. K., Adi, S., Antoni, M. S., & Nugroho, A. I. (2021). The Problem-Based Learning: How the effect on student critical thinking ability and learning motivation in COVID-19 pandemic?. Journal Sport Area, 6(2), 231-243.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusdernawati, A., Mahatmasari, P. Y., Suherman, W. S., Nasrulloh, A., Lituhayu, K., & Umam, A. K. (2021). E-learning di era pandemi covid-19: Bagaimana aksiologi hasil belajar pendidikan jasmani? Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 63–74. https://doi.org/10.31258/JOPE.3.2.63-74

Nasrulloh, A., Sumaryanto, S., Prasetyo, Y., Sulistiyono, S., & Yuniana, R. (2021). Comparison of Physical Condition Profiles of Elite and Non-Elite Youth Football Players. MEDIKORA, 20(1), 73–83. https://doi.org/10.21831/MEDIKORA.V20I1.39547

Huang C, wang Y, Li X, ren L, Zhao J, Zang Li, Fan G, etc. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet. 24 January 2020.

Komarudin. (2013). Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY Press.

Lizha Dzalila Q. A, Annisa Ananda, dan Saifuddin Zuhri. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid – 19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal Volume 8 Nomor 2 Hal 89 – 214 Tahun 2020.

Mulyadi, Mohammad. (2011). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media.Volume 15 Nomor 1. Tahun 2011.

Nakayama, M., Yamamoto, H., and Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal e-Learning Vol.5(3).195-206.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tenang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Pembelajaran.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Putra, Angga Narendah. (2020). Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid – 19 di SD Negeri Se – Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Penjas Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2020.

Rohmah, Lailatu. (2016). Konsep E – Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam. Volume 3 Nomor 2 Tahun 2016.

Ross, E. W.ed. (2006). The Social Studies Curriculum. Purposes. Problems and Possibilities. 3rd Edition. Albany New York: State University Of New York Press.h 22.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Saryono & Rithaudin, A . (2011). Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGFU) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Siswa Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 8 Nomor 2 Tahun 2011.

Sudjana. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Maman dan Herlina. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid – 19) di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education. Volume 8 Nomor 1 Tahun 2020.

Undang – Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pendidikan.

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v20i2.40944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MEDIKORA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats