The relationship between arm muscle strength, leg muscle strength, arm power and leg power on the 25 meter crawl style swimming achievement
Dody Tri Iwandana, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Jl. Raya Wates-Jogjakarta Argomulyo, Kec. Sedayu, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Wildan Alfia Nugroho, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Cerika Rismayanthi, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1 Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
This study aims to determine the relationship between arm muscle strength, leg muscle strength, arm power and leg power on the 25 meter crawl style swimming achievement. This research is a correlational research. The subjects of this study were all members of the swimming club Tirta Serayu Banjarnegara totaling 11 respondents. Data collection techniques using surveys. Data collection techniques using tests and measurements. The instruments used in this study were Hand grip dynamometer, Leg and Back dynamometer, modified spring scales, vertical jump, and 25 meter crawl style swimming. The data analysis technique used regression and correlation analysis, through the prerequisite test for normality and linearity. From the results of the study it can be concluded that there is a significant relationship between arm muscle strength and 25 meter crawl style swimming achievement, there is no significant relationship between leg muscle strength and 25 meter crawl style swimming achievement, there is a significant relationship between arm power and crawl style swimming achievement. 25 meters, there is no significant relationship between leg power and 25 meter crawl style swimming achievement. Overall, there is no significant relationship between arm muscle strength, leg muscle strength, arm power and leg power on the 25 meter crawl swimming achievement.
HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, OTOT TUNGKAI, POWER LENGAN DAN POWER TUNGKAI TERHADAP PRESTASI RENANG GAYACRAWL 25 METER
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, power lengan dan power tungkai terhadap prestasi renang gaya crawl 25 meter. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh anggota klub renang Tirta Serayu Banjarnegara yang berjumlah 11 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan survey. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa hand grip dynamometer, leg and back dynamometer, timbangan pegas modifikasi, vertical jump, dan renang gaya crawl 25 meter. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi, melalui uji prasyarat normalitas dan linearitas. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan prestasi renang gaya crawl 25 meter, tidak ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan prestasi renang gaya crawl 25 meter, ada hubungan yang signifikan power lengan dengan prestasi renang gaya crawl 25 meter, tidak ada hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan prestasi renang gaya crawl 25 meter. Secara keseluruhan tidak ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, power lengan dan power tungkai terhadap prestasi renang gaya crawl 25 meter.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baja, F. R., & Rismayanthi, C. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Diet Dan Aktivitas Fisik Terhadap Status Gizi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. MEDIKORA, 18(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/medikora.v18i1.29189
Evenetus, Y., Mulyana, R. B., & Ma’mun, A. (2019). Pengaruh Program Latihan terhadap Peningkatan Kekuatan, Power, Daya Tahan Lengan dan Performa Renang 50 Meter Gaya Bebas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 445–455. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22337
Falaahudin, A., & Sugiyanto, F. (2013). Evaluasi Program Pembinaan Renang Di Klub Tirta Serayu, Tcs, Bumi Pala, Dezender, Spectrum Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.2342
Firdausi, D. K. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 11–18. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.216
Muliarta, I. W. (2015). Pengaruh latihan interval anaerob dan power otot tungkai terhadap kecepatan renang gaya front crawl 50 meter. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 4(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v4i1.4930
Oktadinata, A., Mardian, R., & Maryadi, W. (2017). Analisis Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Putri Mata Kuliah Renang 1 FIK-UNJA. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i2.7562
Palar, C. M., Wongkar, D., & Ticoalu, S. H. R. (2015). Manfaat latihan olahraga aerobik terhadap kebugaran fisik manusia. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127
Paramita, D. A., Sinrang, A. W., & Santoso, A. (2020). Korelasi antara program latihan dengan fungsi paru dan prestasi pada atlet renang usia dewasa muda. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahragm Dan Kesehatan, 3(2), 201–212.
Prasetyo, Y. (2015). Kesadaran Masyarakat Berolahraga untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional. Medikora, 11(2).
Putra, & Witarsyah. (2019). Pengaruh Latihan Daya tahan Kekuatan Otot Lengan dan Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada 50 Meter. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 51–56.
Rahima, Ahmad Atiq, W. Y. (2013). Keterampilan Gaya Bebas (Crawl) Dalam Olaharaga Renang Pada Mahasiswa Penjaskesrek Untan. Journal, 1(1), 1–11.
Rismayanthi, C. (2015). Konsumsi protein untukpeningkatan prestasi. MEDIKORA, 11(2). https://doi.org/10.21831/medikora.v11i2.4763
Rizkiyansyah, A., & Mulyana, B. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112–123. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v11i2.20311
Rohman, U. (2019). Penerapan Metode Latihan Interval dalam Meningkatkan Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 19(1), 59–67.
Setiawan, A., Jauhari, M., & Setiakarnawijaya, Y. (2017). Tingkat Pemahaman Orang Tua Atlet Renang Kelompok Umur Empat (K.U IV) tentang Gizi di Klub Renang Indonesia Star Aquatic Jakarta Timur. JURNAL SEGAR, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.21009/segar.0302.05
Sukmawati, D., & Hartoto, S. (2015). Penerapan Pemebelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 366–370.
Sungkowo, Kaswarganti Rahayu, K. S. B. (2015). Pengaruh Latihan Interval dan Kapasitas Vital Paru terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Crawl. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 5(2), 24–29. https://doi.org/10.15294/miki.v5i2.7882
Surahman, F. (2016). Pengaruh Metode Repetisi dan Metode Interval Intensif Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter (Studi Eksperimen Pada Atlet Klub Profi Swimming Kota Padang). Curricula, 2(2), 31–40. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.216
Susanto, E. (2015). Manfaat olahraga renang bagi lanjut usia. MEDIKORA, 1. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i1.4669
Susanto, E. (2017). Pembelajaran Renang Gaya Bebas Dengan Pendekatan Gaya Mengajar Resiprokal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Wahyudi, U. (2015). Pembelajaran renang dengan pendekatan bermain terhadap keterampilan mengapung. Pendidikan Jasmani, 25(5), 105–113.
Wicaksono, D. S. (2017). Kontribusi Kecepatan Gerakan Tangan Dan Gerakan Kaki Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 25 Meter (Studi pada Siswa SMP Hang Tua 5 yang Mengikuti Ekstrakurikuler Renang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3).
DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v20i1.40109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 MEDIKORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
In Collaboration with: