TINGKAT KEPUASAN MEMBERS TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAH FITNESS CENTRE UNIVERSITAS GAJAH MADA

Rina Yuniana, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta. Colombo No. 1, Karangmalang Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Ahmad Nasrulloh, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta. Colombo No. 1, Karangmalang Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Lembah Fitness Centre UGM juga perlu melakukan pengelolaan dan menerapkan strategi pemasaran yang baik agar members dapat merasakan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan members terhadap strategi pemasaran di Lembah Fitness Centre Universitas Gajah Mada. Populasi dalam penelitian ini adalah members Lembah Fitness Centre UGM yang aktif mengikuti latihan beban sebanyak 240 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode nonprobability sampling menggunakan teknik accidental sampling, sebanyak 120 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Angket tersebut diujicobakan terhadap 40 members  Lembah Fitness Centre UGM. Hasil ujicoba menunjukkan dari 48 butir pernyataan gugur 3 butir, sahih 45 butir. Teknik untuk mengukur validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson dengan taraf signifikasi 5 % atau a = 0,05. Butir pernyataan dikatakan valid apabila nilai korelasi dari product moment (rxy) lebih besar dari r-tabel. Nilai koefisien alpha (rtt) yang diperoleh sebesar 0,912 dengan status reliabel. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum tingkat kepuasan members masuk ke dalam kategori memuaskan dengan pencapaian persentase 60,8 %. Secara rinci, tingkat kepuasan members terhadap strategi pemasaran di Lembah Fitness Centre UGM dijelaskan sebagai berikut: (1) Price atau harga masuk kedalam kategori sangat memuaskan dengan persentase 60 %, (2) Promotion atau promosi masuk kedalam kategori memuaskan dengan persentase 55 %, (3) Place atau tempat masuk kedalam kategori memuaskan dengan persentase 49,2 %, (4) Product atau produk/jasa masuk kedalam kategori memuaskan dengan persentase sebesar 55,8 %.

 

MEMBERS SATISFACTION LEVEL TOWARD MARKETING STRATEGY IN LEMBAH FITNESS CENTER UNIVERSITAS NEGERI GAJAH MADA

 

Abstract

Fitness center companies must manage fitness club well. In process, club must be applied  marketing strategy, same as Lembah Fitness Center UGM where need to be manage and use marketing streategy so that members satisfied with their services. This study aims to know about level of satisfaction members toward marketing strategy in Lembah Fitness center Universitas Negeri Gajah Mada. Participants in this study are members of Lembah Fitness Center UGM that enganged actively in resistance training for almost 240 people. Sampling technique using nonprobability method include accidental sampling method, 120 people. Questionnaire used as instrument in this study. This questionnaire being trial into 40 members, then the result showed only 45 questions from 48 which have validity based on product moment correlation technique (Karl Pearson) with significance level a = 0,05. Validity of each question attained if its have correlation value from product moment (rxy)  more than r-tabel. Data analysis using quantitative descriptive analysis with precentage. The results of this study indicate that the level of satisfaction members toward marketing strategy at the UGM Fitness Center resulted in satisfactory category with a percentage of 60.8%. In detail, the level of satisfaction of members of the marketing strategy at the Lembah Fitness Center UGM is through the following factors: (1) Price belong to very satisfying category with a percentage of 60%, (2) Promotion percentage reach 55 %, (3) Place percentage is 49.2%, and (4) Product achieve 55.8%.


Full Text:

PDF

References


Nugroho, A. (2000). “Pemasaran Jasa Bidang Olahraga.” Majalah Olahraga. (Volume VI). Hlm. 73-86.

Swasta, B. (1984). Azas-azas Manajemen Modern. Yogyakarta: Liberty.

Swasta, B. (1986). Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Irianto, D, P. (2004). Pedoman Praktis Berolahraga. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (1995). Strategi Pemasaran. Ed. 2. Cet. 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2002). Manajemen Jasa. Ed. 2. Cet. 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Irawan., H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Peter, J.P. & Olson, J.C. (1996). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. (Damos Sihombing. dan Yati Sumiharti. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kotler & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. (Damos Sihombing. dan Wisnu Candra K. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Philip, Kotler et. al. (2000). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia. Ed. 1. (Fandy Tjiptono. Terjemahan). Yogyakarta: Andi Offset.

Radiosunu. (1986). Manajemen Pemasaran suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta: BPFE.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v18i1.29195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats