STRATEGI MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 MAGELANG
Achad Imam Maruf, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Teddy Giolanda Pratama, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abiyyu Amajida, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta
Wahyu Dwi Yulianto, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan hasil analisis strategi yang digunakan dalam menghadapi tantangan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi langsung dan wawancara mendalam dengan guru PJOK dan peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Magelang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan didukung alat bantu smartphone, catatan lapangan, kisi-kisi wawancara, catatan wawancara dan alat tulis. Method: Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data reduksi dengan kategorisasi dan pembanding. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi (i) Strategi guru dalam penglibatan teknologi dalam pembelajaran PJOK yaitu dengan mengikuti pelatihan guru, pengimplementasian pada model pembelajaran, pengimplementasian pada proses pembelajaran, penggunaan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. (ii) Strategi guru dalam kebermaknaan PJOK pada pembelajaran sepanjang hayat dalam penelitian ini yaitu melakukan pengorganisasian kelompok belajar yang fokus pada pembelajaran sikap dan efektif pada nilai-nilai P5 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan strategi guru yang digunakan untuk menghadapi tantangan baru pada implementasi kurikulum merdeka belajar pada jenjang sekolah menengah atas. Strategi pembelajaran yang dikemas oleh guru PJOK untuk menghadapi tantangan tersebut dilakukan menghasil variasi kegiatan pembelajaran yang lebih beragam.
STRATEGY FOR FACINNG THE INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM AT SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 2 MAGELANG
Abstracts
This study aims to present the results of the analysis of strategies used in facing the challenges of implementing the independent learning curriculum in Physical Education, Sports and Health subjects in Senior High Schools. The data collection technique used in this study was by using direct observation and in-depth interviews with PJOK teachers and class X students at SMA Negeri 2 Magelang. The research instrument used was the researcher himself supported by smartphone tools, field notes, interview grids, interview notes and stationery. Method: Data analysis used data reduction analysis with categorization and comparison. Data validity was obtained through triangulation. The results of this study include (i) Teacher strategies in involving technology in PJOK learning, namely by participating in teacher training, implementation in learning models, implementation in the learning process, use in learning evaluation activities. (ii) Teacher strategies in the meaningfulness of PJOK in lifelong learning in this study are organizing study groups that focus on learning attitudes and are effective in P5 values. The results of this study indicate that teacher strategies were found to be used to face new challenges in the implementation of the independent learning curriculum at the high school level. The learning strategies packaged by PJOK teachers to face these challenges resulted in a more diverse variety of learning activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A., … Sumarsih, M. P. (2022). Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Media Sains Indonesia.
Firdausiyah, A., & Akhmadi, A. (2021). Urgensi Prinsip dan Faktor Kurikulum dalam Mencapai Keberhasilan Pendidikan (Studi Analisis Implementasi Kurikulum 2013). Islamic Akademika, 3(2), 63-75.
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.
Kemendikbudristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/
Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototipe (2020-2021) Atau Kurikulum Merdeka (2022) Mata Pelajaran Bahasa Inggris: Suatu Kajian Bandingan. Sinastra: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra, 1, 373–382
Sri, A. (N.D.). Strategi Pembelajaran. Https://Doi.Org/10.33477/Bs.V2i2.376
Subakti, H., Zakaria, M. P., Muslikhah, R. I., Sayekti, S. P., Ismail, J. K., Badi’ah,
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta
Wang, X., Chen, Y., & Zhu, W. (2021). A Survey On Curriculum Learning. Ieee Transactions On Pattern Analysis And Machine Intelligence, 44(9), 4555– 4576.
DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v30i2.78043
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.