EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI

Tito Pangesti Adji, Pendidikan Jasmani, Universitas Safin Pati, Indonesia
Naela Khusna Faela Shufa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Safin Pati, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas implementasi kurikulum merdeka pada muatan pendidikan jasmani di sekolah dasar di Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Kontradiksi. Partisipan penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru pendidikan jasmani dan siswa dari lima sekolah di Kecamatan Gembong. Teknik pengumpulan data meliputi survei, kuesioner, dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 10 siswa, 5 kepala sekolah, dan 5 guru pendidikan jasmani. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Validator profesional memvalidasi instrumen penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bagaimana implementasi kurikulum mandiri pada kelas pendidikan jasmani di sekolah dasar di kabupaten Gembong dievaluasi berada pada kategori “sangat baik”. Hasil  analisis  kepala  sekolah  dengan  mean  79,00,  hasil  penilaian dengan  persentase  20%  pada  kategori  “Sangat baik”  ada  (1 orang  kepala  sekolah), kategori  “baik” dengan persentase 20% ada (1 orang kepala sekolah), kategori “cukup”  dengan  persentase  40%  ada  (2 orang  kepala sekolah)  dan kategori ”kurang” dengan  persentase  20%  ada  (1  orang  kepala  sekolah). Selanjutnya temuan hasil analisis  guru  Pendidikan jasmanidengan  mean 81,00,  hasil penilaian dengan persentase 40% pada kategori “Sangat baik” ada (2 orang guru), pada kategori “baik” dengan persentase 40% ada (2 orang guru), dan kategori “cukup”  dengan  persentase  20%  ada  (1  orang  guru). Terakhir temuan hasil analisis siswa dengan mean 82,00, hasil penilaian dengan persentase 40% pada kategori “sangat baik” ada (4 siswa), pada kategori “baik” dengan persentase 40% ada (4 siswa) dan kategori “cukup” dengan persentase 20% ada (2 siswa).

 

EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM IN PHYSICAL EDUCATION SUBJECTS IN ELEMENTARY SCHOOLS IN GEMBONG SUB-DISTRICT, PATI DISTRICT

 

Abstracts:
The purpose of this study was to evaluate the quality of the implementation of the independent curriculum in physical education content in primary schools in Gembong Sub-district, Pati Regency. The evaluation model used in this study is the Contradiction Model. The participants of this study consisted of principals, physical education teachers and students from five schools in Gembong Sub-district. Data collection techniques included surveys, questionnaires and interviews. This study involved 10 students, 5 principals, and 5 physical education teachers. The data in this study were analyzed using quantitative and qualitative descriptive analysis. Professional validators validated the research instruments. The research findings showed how the implementation of an independent curriculum in physical education classes at primary schools in Gembong district was evaluated to be in the “very good” category. The results of the analysis of school principals with a mean of 79.00, the results of the assessment with a percentage of 20% in the “Very good” category there are (1 principal), the category “good” with a percentage of 20% there are (1 principal), the category “sufficient” with a percentage of 40% there are (2 principals) and the category “less” with a percentage of 20% there are (1 principal). Furthermore, the findings of the analysis of physical education teachers with a mean of 81.00, the results of the assessment with a percentage of 40% in the “Very good” category there are (2 teachers), in the “good” category with a percentage of 40% there are (2 teachers), and the “sufficient” category with a percentage of 20% there are (1 teacher). Finally, the findings of student analysis results with a mean of 82.00, the results of the assessment with a percentage of 40% in the “very good” category there are (4 students), in the “good” category with a percentage of 40% there are (4 students) and the “sufficient” category with a percentage of 20% there are (2 students).


Keywords


Evaluation, Learning, Curriculum, Physical Education, Evaluasi, Pembelajaran, Kurikulum, Pendidikan Jasmani

References


Abuhassna, H., Al-Rahmi, W. M., Yahya, N., Zakaria, M. A. Z. M., Kosnin, A. B. M., & Darwish, M. (2020). Development of a new model on utilizing online learning platforms to improve students’ academic achievements and satisfaction. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17, 1–23.

Adji, T. P., Khusna, N., Shufa, F., Binathara, M. B., & Pati, U. S. (2023). Analisis Kualitas Tarif Terhadap Ketertarikan dan Loyalitas Atlet Pencak Silat di Perguruan Silat Garuda Nusantara Kudus. Aisyah Journal Of Physical Education (AJoPE), 2(2), 67–74.

Adji, T. P., Mansur, Putro, K. H., Pratama, K. W., & Mustapha, A. (2022). Analysis of the Influence of Service Quality and Audience Loyalty Interest in the Volleyball Tournament Events: A Case Study of Tulungagung Regency. Human-Centered Technology for a Better Tomorrow: Proceedings of HUMENS 2021, 299–311.

Adji, T. P., Shufa, N. K. F., Rachim, R. S., & Binathara, M. B. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Bolavoli di SDN 5 Gembong Kabupaten Pati. Jurnal Limit Multidisiplin, 1(1), 1–6.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum Merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Arofah, E. F. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218–229.

Davey, L. (2019). The application of case study evaluations. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 2(1), 9.

Gani, I., Tomoliyus, T., Hariono, A., Rizkyanto, W. I., & Adji, T. P. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kecerdasan Majemuk di Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(01), 82–93.

Harris, L. R., & Brown, G. T. L. (2019). Mixing interview and questionnaire methods: Practical problems in aligning data. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 15(1), 1.

Ilhami, R., & Syahrani, S. (2021). Pendalaman materi standar isi dan standar proses kurikulum pendidikan Indonesia. Educational Journal: General and Specific Research, 1(1), 93–99.

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran kepala sekolah dalam

implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947–9957.

Kholillah, M. K., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 515–518.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.

Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh pengembangan kurikulum Merdeka belajar dan kesiapan kepala sekolah terhadap penyesuaian pembelajaran di sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487.

Peng, W. (2019). Construction and application of accounting computerization skills teaching resource database under the background of. Curriculum and Teaching Methodology, 2(1), 1–4.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., &

Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Ramdhan, T. W. (2019). Model Pengembangan Kurikulum

Multikultural. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(2).

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020). The significance of educator certification in developing pedagogy, personality, social and professional competencies. 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 446–451.

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 9–13.

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27.

Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.

Sukari, S., Adji, T. P., & Putro, K. H. (2020). Upaya meningkatkan servis atas bolavoli mini menggunakan metode pembelajaran game terhadap siswa sekolah dasar. Journal Of Sport Education (JOPE), 3(1), 53–62.

Sumanti, V., Firman, F., & Ahmad, R. (2022). Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Keguruan, 10(2), 49–52.

VanTassel-Baska, J., & Baska, A. (2021). Curriculum planning and instructional design for gifted learners. Routledge.

Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408.

Wardani, H. K., Darusuprapti, F., & Hajaroh, M. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven Model, Tyler Model, dan Goal Free Evaluation). Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(1), 36–49.

Widiyaningsih, P., & Narimo, S. (2023). Peran Guru dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6325–6332.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. UAD PRESS.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115.




DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v30i1.72871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats