ALIRAN PEMIKIRAN FILSAFAT MODERN (ALIRAN POSITIVISME)
Fathan Nurcahyo, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hedi Ardiyanto Hermawan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Aliran positivisme merupakan salah satu aliran dalam filsafat modern. Positivisme merupakan suatu aliran filsafat yang berpangkal pada sesuatu yang pasti, faktual, nyata, dan berdasarkan data empiris yang berarti aliran filsafat ini beranggapan bahwa pengetahuan itu semata-mata berdasarkan pengalaman dan ilmu yang pasti. Perkembangan filsafat pada zaman modern secara umum dapat dinyatakan sebagai masa ‘modern’, dapat dilihat dari berbagai sisi adanya perubahan mental yang menunjukkan perbedaan bila dibanding dengan masa-masa terdahulu atau masa pertengahan. Positivisme berusaha menjelaskan pengetahuan ilmiah berkenaan dengan tiga komponen yaitu bahasa teoritis, bahasa observasional dan kaidah-kaidah korespondensi yang mengakaitkan keduanya. Positivisme dianggap sebagai tonggak kemajuan sains di dunia. Sebagai aliran filsafat, positivisme mendasarkan diri pada pengetahuan empiris.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmanagara, A. A. (2012). Hubungan Faktor Internal Dan Eksternal dengan Keseimbangan Lansia di Desa Pamijen Sokaraja Banyumas. Universitas Indonesia.
Ahmad, M. F., Amir, M., & Rosli, A. (2015). Effects of Aerobic Dance on Cardiovascular Level and Body Weight among Women. International Scholary and Scientific Reserch & Inovation., 9(12), 874–882.
Antunes, A. H., Alberton, C. L., Finatto, P., Pinto, S. S., Cadore, E. L., Zaffari, P., & Kruel, L. F. M. (2015). Active Female Maximal and Anaerobic Threshold Cardiorespiratory Responses to Six Different Water Aerobics Exercises. Research Quarterly for Exercise and Sport, 86(3), 267–273. https://doi.org/10.1080/02701367.2015.1012577
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2015). Periodization Training for Sports-3rd Edition. Retrieved from https://books.google.com/books?id=Zb7GoAEACAAJ&pgis=1
Boreham, C. (2006). Physical Activity For Health. Journal of Sports Sciences, 24(9), 917–918. https://doi.org/10.1080/02640410600886520
Čillík, I., & Willwéber, T. (2018). Influence Of An Exercise Programme On Level Of Coordination In Children Aged 6 to 7. Journal of Human Sport and Exercise, 13(2), 455–465. https://doi.org/10.14198/jhse.2018.132.14
Cipryan, L., Tschakert, G., & Hofmann, P. (2017). Acute And Post-Exercise Physiological Responses To High-Intensity Interval Training In Endurance And Sprint Athletes. Journal of Sports Science and Medicine, 16(2), 219–229.
Crowley, C., & Lodge, H. (2016). Younger Next Year The Exercise Program. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fotiadou, E., Giagazoglou, P., Kokaridas, D., Angelopoulou, N., Tsimaras, V., & Tsorbatzoudis, C. (2002). Effect Of Rhythmic Gymnastics On The Dynamic Balance Of Children With Deafness. European Journal of Special Needs Education, 17(3), 301–309. https://doi.org/10.1080/08856250210162211
Fox, K. (1991). Motivating Children for Physical Activity: Towards a Healthier Future. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 62(7), 34–38. https://doi.org/10.1080/07303084.1991.10603999
Hoeger, W. W. K., & Hoeger, S. A. (2010). Principles and Labs for Physical Fitness. Seventh Edition. (7th ed.). Retrieved from www.cengage.com/international.
Kamajaya, DM. Dantes, N. Kanca, I. (2013). Pengaruh Pelatihan Senam Kesegaran Jasmani 2008 Terhadap Volume Oksigen Maksimal Ditinjau Dari Kemampuan Awal. E-Journal Program Pascasarjana Unniversitas Ganesha. Prodi Penelitian & Evaluasi Pendidikan, 3(1).
Kriswanto, E. S. (2016). Meningkatkan Derajat Kesehatan Generasi Muda Melalui Olahraga Alternatif Sebagai Gaya Hidup Sehat. Proceedings Seminar Nasional Keolahragaan.
Kriswanto, E. S., Setijono, H., & Mintarto, E. (2019). The Effect Of Cardiorespiratory Fitness And Fatigue Level On Learning Ability Of Movement Coordination. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24565
Kusnanto. Indarwati, Retno. Mufidah, N. (2010). Peningkatan Stabilitas Postural Pada Lansia Melalui Balance Exercise. Nurse Media: Journal of Nursing, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.14710/nmjn.v1i2.716
McKinney, J., Lithwick, D. J., Morrison, B. N., Nazzari, H., Isserow, S. H., Heilbron, B., & Krahn, A. D. (2016). The health benefits of physical activity and cardiorespiratory fitness. British Columbia Medical Journal, 58(3), 131–137.
Michel. Eva., Molitor. Sabine., S. W. (2016). Differential Changes In The Development Of Motor Coordination And Executive Functions In Children With Motor Coordination Impairments. Child Neuropsychology A Journal on Normal and Abnormal Development in Childhood and Adolescence.
Plowman, Sharon A. Smith, D. L. (2014). Exercise Physiology For Health, Fitness, and Performance (4th ed.). Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins, a Wolters Kluwer business.
Powers, S. K., & Howley, E. T. (2015). Exercise Physiology: Theory And Application To Fitness And Performance (7th ed.). Penn Plaza, New Yor: McGraw-Hill Education.
Sands, W. A., & Salmela, J. H. (2017). The Science of Gymnastics. In The Science of Gymnastics. https://doi.org/10.4324/9781315203805
Sativani, Z. (2019). Latihan Keseimbangan dan Stimulasi Somatosensoris Meningkatkan Keseimbangan Statis pada Penderita Diabetes Neuropati. Quality : Jurnal Kesehatan, 13(1), 36–41. https://doi.org/10.36082/qjk.v13i1.54
Soraya, I., Sugihartono, T., & Defliyanto, D. (2019). Pengaruh Latihan SKJ 2018 Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Mahasiswa Putri Penjas Unib. Kinestetik, 3 (2), 249–255. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8998
Wahyuni, O. D., Dewi, S. M., & Song, C. (2019). Program Peningkatan Kebugaran Jasmani Di Lingkungan Kelurahan Tomang Jakarta Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2 (2), 1–6.
DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v29i2.41914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.