Vol 8, No 2 (2009)

Litera Oktober 2009

JURNAL LITERA TERAKREDITASI

Table of Contents

Articles

PENYIMPANGAN IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM HUMOR-HUMOR GUS DUR PDF
Dwi Budiyanto
PENGGUNAAN CERITA ANAK SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR PDF
Dyah Werdiningsih
PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF-KOLABORATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI SISWA SMA PDF PDF PDF
Kusubakti Andajani
SUCCESS IN LEARNING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE PDF
Nihta Liando
ANALISIS STRUKTUR KAMUS MONOLINGUAL BAHASA INDONESIA PDF PDF
Teguh Setiawan
ANALISIS KRITIS NEW HISTORICISM TERHADAP NOVEL INDONESIA MODERN DALAM KERANGKA SEJARAH SASTRA PDF
Sugiarti Sugiarti
WACANA RISALAH DAN PUTUSAN PERADILAN MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA PDF
Triwati Rahayu


JUNAL PENELITIAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA

1. Artikel harus di tulis berdasarkan penelitian bidang kebahasaan, kesasatraan, atau pengajaran bahasa dan sastra, dan belum pernah dimuat pada jurnal lain. naskah diketik dengan program Mikrosof Word, 1,5 spasi, sepanjang 15-20 halaman. naskah diserahkan dile dapat dikirim ke e-mail: jurnal_litera_fbs@yahoo.com

2. Nama penulis artikel tanpa gelar akademik ditempatkan di bawah judul artikel, di bawahnya ditulis nama lembaga asal penulis dan alamat korespondensi (e-mail atau nomor HP). Jika naskah ditulis oleh tim, semua anggota tim harus ditulis, tetapi penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya diurutan pertama.

3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, sedang subjudul ditulis mulai margin kiri lurus tanpa menggunakan angka penomoran. Sub-subjudul dibedakan peringkat hurufnya dan dicetak tebal miring.

4. Artikel ditulis dengan sistematika sebagai berikut: judul, nama penulis, alamat lembaga, dan korespondensi (e-mail); abstrak (100-120) kata; berisi tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan utma); kata kunci; pendahuluan (berisi masalah penelitian, situasi ilmiah dewasa ini, dapat mengacu pustaka yang menjadi landasan penelitian); metode; hasil dan pembahasan (diperkuat teori atau temuan penelitian yang relevan); simpulan; persantunan (ucapan terima kasih); daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

5. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka terbitan mutakhir dan diutamakan pustka primer (artikel penelitian dalam jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian termasuk tesis dan disertasi).

6. Perujukan/pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung dan untuk kutipan langsung disertai penyebutan halaman, contoh:... (Michael,2008:48).

7. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dan kronologisdengan urutan dan contoh sebagai berikut.

* Buku: nama penulis (jika nama lebih dari satu kata, diambil entri terakhir) , tahun, judul buku, (cetak miring), kota penerbit, penerbit.

Edwards, Patricia A. 2008. Childens Literary Development, Boston: Person.

* Artikel Jurnal: nama penulis, tahun, judul artikel (diapit tanda kutip), nama jurnal, volume/nomor, halaman.

Sudibyo. 2008. "Dalam Bayang-banyang Kolonialisme: Ranggawarsita dan Abdullah Bin Abdul Kadir Munsyi", Widyaparwa, Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan. Volume 37, Nomor1, hlm. 15-36.

*Internet: nama penulis, tahun, judul tulisan (cetak miring), situs, tanggal pengaksesan.

Mueller, John. 2008. Authentic Assesment Toolbox. North Central College, Naperville http//jonathan.mueler.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.htm (Diunduh 17 Januari 2009).