PENERJEMAHAN TEKS THE GOSPEL ACCORDING TO MATTHEW KE DALAM TEKS BAHASA INDONESIA

Bena Yusuf Pelawi, Fakultas Sastra Universitas Kristen Indonesia Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan teknik, metode, dan ideologi penerjemahan
teks The Gospel According to Matthew ke dalam teks bahasa Indonesia. Penelitian
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah teks The Gospel According
to Matthew, pasal 5-7 dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian
sebagai berikut. Pertama, terdapat sembilan teknik penerjemahan, yakni (a) modulasi, (b)
transposisi, (c) amplifikasi, (d) harfiah, (e) penambahan, (f) penghilangan, (g) peminjaman
alamiah, (h) reduksi, dan (i) generalisasi. Kedua, terdapat empat metode penerjemahan,
yakni (a) bebas, (b) komunikatif, (c) adaptasi, dan (d) harfiah. Ketiga, terdapat dua ideologi
penerjemahan, yaitu: (a) foreignisasi yang berorientasi pada bahasa dan budaya bahasa
sumber, dan (b) domestikasi yang berorientasi pada bahasa dan budaya bahasa sasaran.
Secara umum penerjemahan cenderung menggunakan teknik, metode, dan ideologi
yang berorientasi pada bahasa dan budaya sasaran. Orientasi pada bahasa dan budaya
sasaran dapat menghasilkan terjemahan yang akurat, berterima, dan memiliki tingkat
keterbacaan tinggi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                               

 

__________________________________________________________________________________________________

 

Litera Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter