REALISASI BAHASA INDONESIA PENDERITA BIBIR SUMBING SEBUAH STUDI KASUS
Widya Ratna Kusumaningrum, Universitas Tidar, Indonesia
Melita Sitangga, Universitas Tidar, Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi realisasi dan perubahan fonem bahasa Indonesia berupa kata, frasa, dan kalimat yang diucapkan penderita bibir sumbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Objek dalam penelitian ini berupa (1) realisasi kata, frasa, dan kalimat bahasa Indonesia, perubahan fonem yang mengiringinya, dan fonem-fonem yang sulit diujarkan oleh penderita bibir sumbing. Sumber data (informan) dalam penelitian ini adalah dua orang penderita bibir sumbing (labiozchis) yang berusia 40 tahun dan 13 tahun. Penyediaan data menggunakan metode simak dan teknik (1) simak libat cakap, (2) rekam, (3) catat. Analisis data menggunakan metode padan dan teknik hubung banding menyamakan. Hasil penelitian menunjukan konsonan letupan, geseran, sampingan, geletar, dan sengauan mengalami perubahan fonem yang tidak konsisten. Artinya perubahan bergantung pada fonem yang menyertai.
Kata kunci: fonetik, realisasi bahasa Indonesia, bibir sumbing, anak berkebutuhan khusus, studi kasus
CLEFT LIP SUFFERERS AND ITS REALIZATION IN INDONESIAN LANGUAGE
Abstract
The research aimed to identify the realization and phoneme changes in Indonesian language in the form of words, phrases and sentences uttered by cleft lip sufferers. The study used a case study as its research design. The objects in research are (1) the realization of words, phrases, and sentences, (2) the phoneme changes, and (3) difficult phonemes in Indonesian language uttered by cleft lip sufferers. The participants of the study are two cleft lip sufferer (labiozchis) with two different age level of 40 and 13 years old. For collecting the data, this study implemented some techniques: (1) observation (2) recording, and (3) notetaking. For analysing the data, this study used the connecting and comparing techniques. The result showed the fricative phonemes, as well as the lateral, trill, and nasal changes tended to be inconsisten. The changes depend on the preceding phonemes.
Key word: phonetic, Indonesian language realization, cleft lip, childern with special need, case study
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basuki, Suryani, Y.E., dan Setiyadi, D.B.P. 2017. Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 16(1), 12-20. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14247.
Jazeri, M. 2016. Model Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif Kontekstual Bagi Mahasiswa Asing. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 15(2), 217-226. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v15i2.11824.
Keraf, Gorys. 1994. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia
Marsono. 2008. Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Moleong, L.J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Musfiroh, T. 2004. Karakteristik Linguistik dan Nonlinguistik Pada Penderita Gagap Kronis. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 3(2), 172-187. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v3i2.6764.
Muslich, Masnur. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Putri, Y.P. 2016. Model Terapi Perilaku Penderita Maloklusi Bibir Sumbing. Jurnal Arbitrer. 3(2), 166-172. https://doi.org/10.25077/ar.3.2.166-172.2016.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sudjatmiko, Gentur. 2009. Masa Depan Cerah Bagi Anakku. Jakarta: CV Sagung Seto.
Supendi, D.A. dan Setiadi, D. 2016. Analisis Kasus dan Penyebab Gangguan Berbahasa (Language Disorder). Makalah disajikan pada Seminar Nasional Paramasastra 4. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia. Hal 101-112.
Verhaar. 2001. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Wahyono, H. 2017. Penilaian Kemampuan Berbicara di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Wujud Aktualisasi Prinsip-Prinsip Penilaian. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 1(1), 19-34. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika/article/view/243.
Winiari, I.G.A., Meter, I.G., dan Negara, I.G.A.O. 2015. Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. Mimbar PGSD Undiksha. 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5166.
Yeni, F. 2008. Interpretasi Lafal Fonem Penderita Bibir Sumbing. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Diakses pada 17 November 2017 dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/13470.
Zamzani. 2006. Kajian Fonotaktik Bahasa Indonesia. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(1), 24-37. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v5i1.6800.
DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i3.18883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________
__________________________________________________________________________________________________
Litera Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)
The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
__________________________________________________________________________________________________