MODEL PENILAIAN OTENTIK BERBASIS KECAKAPAN HIDUP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nusrotus Sa'idah, Unisnu Jepara, Indonesia
Hayu Dian Yulistianti, Unisnu Jepara, Indonesia
Yushinta Eka Farida, Unisnu Jepara, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen berbasiskecakapan hidup dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, menguji kualitas instrumen, serta mengetahui respon guru terhadap instrumen tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadopsi dari Borg dan Gall yang mencakup observasi, penggalian permasalahan, dan kebutuhan model penilaian melalui focus group discussion, penyusunan model, validasi ahli, uji coba produk, dan implementasi sebagai tahap uji coba skala besar. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk pengembangan, yaitu model penilaian otentik, baik (86,11%). Hasil analisis uji coba produk menunjukkan bahwa produk ini reliabel dengan koefisien sebesar 0,756. Tahap implementasi, yaitu uji coba produk penilaian otentik, menggunakan salah satu jenis penilaian, yaitu penilaian kinerja. Perbandingan antara kelas yang menggunakan penilaian kinerja dengan kelas kontrol menunjukkan hasil dengan signifikansi 0,000. Hal ini dapat diinterpreasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penilaian otentik dengan penilaian konvensional. Hasil analisis dari respon pendidik sebagai user menunjukkan bahwa produk ini baik dengan nilai 41,85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk penilaian otentik ini baik, reliabel, dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 

Kata kunci: penilaian otentik, kecakapan hidup, bahasa Indonesia

 

A MODEL OF AUTHENTIC ASSESSMENT BASED ON STUDENTS’ LIFE SKILLS IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING 

Abstract

This study aims to develop instruments based on life skills in Indonesian language learning, test the instrument quality, and find out teachers’ responses to the instruments. This was a research and development study using a model adapted from Borg and Gall’sconsisting of observation, identifying problemsand needs for an assessment model through focus group discussions, modeling, conducting expert validation, trying out the product, and implementing it as a large-scale tryout. The results of the expert validation indicate that the development product, namely an authentic assessment model, is good(86.11%). The resultof the product tryout analysis shows that the product is reliable with a coefficient of 0.756. The implementation phase, namely the tryout of the authentic assessment product, used one assessment type, namely performance assessment. A comparison between a group using performance assessment and a control group shows a result with a significance of 0.000. This can be interpreted that there is a significant difference between authentic assessment and conventional assessment. The result of the analysis of the responses from teachers as users shows that the product is good with a score of 41.85. These results indicate that the authentic assessment product is good, reliable, and effective to be used in Indonesian language learning.

Keywords: authentic assessment, life skills, Indonesian language


Full Text:

PDF

References


Addiin, I., Redjeki, T. dan Ariani, S.R.D., 2014, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas XI IPA 1 SMA N 2 karanganyar tahun ajaran 2013/ 2014, Jurnal Pendidikan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, Vol 3, No 4, Hal: 7-16.

Borg, Walter R. dan Meredith D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Budiman & Jailani. 2014. “Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semeseter I”. Vol. I, hlm 142

Burhan & Pujiati. 2011. “Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa”. Vol. 10 No.2 hal.116

Depdiknas. 2006. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah, Direktorat Pendidikan Menengah pertama.

Hardianti, dkk. 2017. The Development of Alternative Assessment Instrument In WEB Based Scientific Communication Skill In Science Education Seminar Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 6 hlm 123-129

Hart, D. 1994. Authentic Assessment: A Handbook for Education. Addison Wesley Publishing Company

Johsin, Elaine B. 2006. Contextual teaching and learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Tanpa kota: MLC

Khoiri, dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Life Skill untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol.7

Mueller, J. 2008. Authentic Assessment.North Central College. http://jo-natan.muller.noctrl.edu/toolbox/ whatisist.html

Nurgiyantoro & Suyata. 2011. “Model penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa”. Jurnal Litera,Vol. 10 No. 2.

On, P., & Health, M. (n.d.). Kecakapan hidups education in schools Yogyakarta, F. K. K. (2007). Pengembangan Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa Pendahuluan, 1–15.

Peraturan Pemerintah. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Poerwanti, Jenny I.S. 2012. Pengembangan Model Asesmen Autentik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 152-158

Pradita, Y., Mulyani, B. dan Redjeki, T., 2015, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, Vol 4, No 1, Hal: 89-96.

Taufina. (2009). Pedagogi | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume IX No.1 hal 113, IX(1), 113–120.

Wijayanti. 2014. “Pengembangan Autentic Assessmnet Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 3. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Zulkifli & Fithriya. 2015. “Evaluasi Autentik Terhadap Penilaian Pembelajaran Sastra Tradisional Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah”. Universitas Mataram.




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i2.18551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                               

 

__________________________________________________________________________________________________

 

Litera Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter