GANGGUAN KOMUNIKATIF DALAM TUTURAN LISAN ANAK AUTIS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gangguan komunikatif dalam tuturan lisan anak autis. Data penelitian berupa rekaman dialog tuturan anak autis di Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik perekaman dan pengamatan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, ekolalia merupakan bentuk pengulangan kata, frasa, atau kalimat dalam tuturan dari orang lain. Kedua, abnormalitas pengucapan meliputi ketidaknormalan dalam proses, cara, dan perbuatan mengucapkan. Suara anak autis cenderung tersendat-sendat, dengan volume yang rendah, dan menunjukkan pola intonasi yang “aneh”. Ketiga, gangguan produksi bahasa yaitu kesulitan dalam menghasilkan kata-kata dari sistem simpanan auditorisnya untuk menyampaikan keinginannya.
Kata kunci: gangguan komunikatif, tuturan lisan, anak autis
COMMUNICATIVE DISORDERS IN ORAL SPEECH OF AUTISTIC CHILDREN
Abstract
This study aims to describe communicative disorders in oral speech of autistic children. The research data were in the form of the recording of dialogues of autistic children in Malang. The data collection used recording and observation techniques. The results of the study are as follows. First, ecolalia is a form of repetition of words, phrases, or sentences in others’ speech. Second, abnormalities of pronunciation include abnormalities in the process, manner, and act of utterance. The voice of an autistic child tends to be halting with a low volume, and shows a “strange” intonation pattern. Third, the language production disorder is the difficulty in generating the words from the auditory deposit system to express ideas.
Keywords: communicative disorders, oral speech, autistic children
Full Text:
PDFReferences
Cummings, L. 2009. Clinical Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.
Handojo. 2004. Autisma: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: Buana Ilmu Populer.
Maulana, M. 2007. Anak Autis: Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Jogja-karta: Katahati.
Peeters, T. 2004. Autisme: Hubungan Penge-tahuan Teoritis dan Intervensi Pendidikan Bagi Penyandang Autis. Jakarta: Dian Rakyat.
Prasetyono, D. S. 2008. Serba Serbi Anak Autisn (Autisme dan Gangguan Psikolo-gis Lainnya: mengenal, menangani, dan Mengatasinya dengan Tepat dan Baik). Jogjakarta: DIVA Press.
Puspita, D. 2008. Warna-warni Kehidupan: Ketika Anak Autis Berkembang Remaja. Jakarta: Yayasan Autisme Indonesia.
Saraswati. 2004. Meniti Pelangi: Perjuangan Seorang Ibu Yang Tak Kenal Menyerah dalam Membimbing Putranya Keluar dari Belenggu ADHD dan Autisme. Jakarta: Gramedia.
Woolfolk, E. C.& Lynch, J. I. 1982. An Integrative Approach to Language Dis-order in Children. New York: Grune & Stratton, Inc.
Yuwono, J. 2009. Memahami Anak Autistik: Kajian Teori dan Empirik. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v16i2.17454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________
__________________________________________________________________________________________________
Litera Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)
The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
__________________________________________________________________________________________________