Relevansi tokoh Yusuf dengan karakter pemimpin demokratis: Kajian filologi Serat Yusuf

Meinita Istantiani, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Respati Retno Utami, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Artikel dengan judul Relevansi Tokoh Yusuf dengan Karakter Pemimpin Demokratis:Kajian Filologi Serat Yusuf bertujuan untuk menggali lebih dalam sosok Nabi Yusuf dan relevansinya dengan karakter pemimpin demokratis. Karakter yang dimiliki Nabi Yusuf dapat dijadikan suri tauladan sosok pemimpin demokratis. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini termasuk dalam penelitian filologi mengingat sumber utamanya yaitu Serat Yusuf dengan huruf Arab Pegon. Penelitian ini juga didukung oleh sumber literatur lain yang berfungsi untuk mendukung dan mempertajam penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode filologi dan kepustakaan. Teori yang digunakan adalah teori strukturalisme genetik. Strukturalisme genetik merupakan teori yang mengaitkan karya sastra dengan fakta sosial serta pandangan dunia. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya tokoh Yusuf memiliki karakter yang selaras dengan karakter pemimpin demokratis. Karakter yang dimiliki oleh Nabi Yusuf diantaranya jujur, taat beragama, sabar, teguh, rela berkorban, pemaaf, berserah diri, dan adil. Apabila pemimpin generasi sekarang mampu meneladani dan menginternalisasi karakter Nabi Yusuf, maka akan tercipta sosok-sosok pemimpin demokratis di negeri ini. 

Kata kunci: Karakter, Yusuf, Pemimpin Demokratis


Keywords


Karakter; Yusuf; Pemimpin Demokratis

Full Text:

PDF

References


Adi, Harnanto. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis dan otoriter terhadap kinerja karyawan di Hotel Gallery Prawirotaman Yogyakarta. (Skripsi, Sekolah Tinggi AMPTA Yogyakarta).

Al-Ghazali. (2013). Minhajul abidin: Jalan para ahli ibadah (Terjemahan minhajul abidin; Penerjemah: Abu hamas as-sasaky). Jakarta: Khatulistiwa Press.

Amin, Muhammad. (2017). Peran guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada lembaga pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 107-124. Diunduh dari: http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/222.

Anwar, Kholid. (2020). Pembinaan sikap sosial dan taat beragama pada anggota karang taruna di Dusun Tumbu Desa Purwodadi Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang tahun 2020. (Skripsi, IAIN Salatiga).

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian kualitatif komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Daradjat, Zakiah. (1970). Ilmu jiwa agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Faruk, Dr. (2009). Pengantar sosiologi sastra: dari strukturalisme genetik sampai post-modernisme. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fathurrahman, Oman. (2015). Filologi Indonesia: Teori dan metode. Jakarta: Kencana Prenadamedia Goup.

Goldmann, Lucien. (1981). Method in the sociology of literature. Terj. William Boelhower. Oxford: Basil Blackwell.

Hamka. (2013). Tasawuf modern. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hilmy, Masdar. (2013, 1 November). Memutus mata rantai korupsi. Kompas, 1.

Mutammimutsani, Faiz, A., & Hikma, A.N. (2020). Kepemimpinan demokratis: Pemimpin tua dan pegawai muda. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), 541. Diunduh dari: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/527.

Rangkuti, Afifa. (2017). Konsep keadilan dalam perspektif Islam. Tazkiya, Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-10.

Ratna, Nyoman Kutha. (2012). Penelitian sastra: Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohman, Arif. (2016). Upaya menekan angka kriminalitas dalam meretas kejahatan yang terjadi pada masyarakat. Jurnal Perspektif, 11(2), 125-134. Diunduh dari: http://jurnal-perspektif.org/index.php/perspektif/article/download/187/533.

Samani, Muchlas. (2013). Pendidikan karakter: Konsep dan model. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2013). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningtyas, Sri. (2017).Unsur profetik dalam kumpulan cerpen Rusmi Ingin Pulang karya Ahmad Tohari. Jurnal PIBSI, 39(7), 1055. Diunduh dari: http://eprints.undip.ac.id/59010.




DOI: https://doi.org/10.21831/kejawen.v1i2.40379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kejawen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: