Relevansi tokoh Kumbakarna dalam Serat Ramawijaya sebagai refleksi semangat patriotisme pemuda Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21831/kejawen.v1i1.40377Keywords:
Ramawijaya, Kumbakarna, Patriotisme, strukturalismeAbstract
Sering kita ketahui bahwa beberapa tahun terakhir pemuda Indonesia sedang mengalami banyak masalah utamanya dalam hal semangat bela negara. Salah satu sikap yang semestinya dimiliki dalam hal bela negara tentunya adalah patriotisme. Pembahasan sikap patriotisme ini nantinya akan direlevansikan dengan watak tokoh kumbakarna dalam Serat Cariyosipun Prabu Ramawijaya yang bertujuan menjadi refleksi pada semangat patriotisme pemuda di Indonesia. Ada beberapa metode dan model analisis data yang pas digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan penggunaan analisis data dengan kualitatif deskriptif dan studi pustaka. Hal utama yang menjadi bagian dari kajian ini adalah teori strukturalisme genetik yang cocok untuk meneliti keterkaitan antara patriotisme dengan sifat atau watak tokoh Kumbakarna dan kenyataan yang terjdi di masyarakat. Dari hasil pembahasan tersebut diperoleh bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemuda di Indonesia ini mengenai Patriotisme melalui refleksi dari tokoh Kumbakarna yang ada dalam Serat Cariyosipun Prabu Ramawijaya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa patriotisme tidak dilandasi atas kepentingan pribadi melainkan menjaga dan merawat sikap tersebut dengan memulainya dari kesungguhan hati nurani.
References
Ariani. (2020). Etika dalam Lakon Kumbakarna Gugur. Yogyakarta: Fakultas Filsafat
UGM Yogyakarta
Bakry,Noor. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Dover,R & Phytian,M. (2011). Lost over Libya:the 2010 strategic defence and security review-an obituary. Journal Defence Studies. 11(3), 420-444. Diunduh dari : https://doi.org./10.1080/
Elfindri.(2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode,dan Aplikasi untuk
Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.
Fathurahman, Oman. (2015). Filologi Indonesia: Teori dan Metode. Jakarta: Prenada
Media.
Gunawan,Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan
Implementasi.Bandung :Alfabeta
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta:
PT Bumi Aksara
I Wayan,dkk.(2020). Kajian Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Kumbakarna dalam Meningkatkan Mutu Nasionalisme. Jurnal Penjaminan Mutu. 6 (2). 1-9. Diunduh dari : http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM
Mustari,Mohamad. (2011). Nilai karakter : Refleksi untuk Pendidikan Karakter.
Yogyakarta:Laksbang Pressindo
Purnomo,Bambang. (2013). Filologi dan Studi Satra Lama. Surabaya :Penerbit Bintang
Surabaya
Putri,dkk. (2015). Hubungan Tingkat Pemahaman Konsep Pertahanan dan Keamanan Bangsa Indonesia dengan Sikap Patriotisme. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(1). 1-13. Diunduh dari : http://journal2.um.ac.id/index.php/jkd
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :PT.Rineka
Cipta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&d. Bandung:
Alfabeta
Wijayanto, Rahmat.(2018). Pendidikan Bela Negara sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 3(2). 1-6. Diunduh dari : http://journal2.um.ac.id/index.php/jjpk
Winarno. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT.Bumi
Aksara
Yasa, I Nyoman. (2012). Teori Sastra dan Penerapannya. Bandung :Karya Putra
Darwati.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All posts that exist in KEJAWEN is not a reflection of the attitudes and opinions of the Editorial Board of KEJAWEN. The responsibility for the contents or the result of writing still lies on the authors.
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/kejawen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.