Relevansi tokoh Kumbakarna dalam Serat Ramawijaya sebagai refleksi semangat patriotisme pemuda Indonesia

Dinda Ayu Hernawati, UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA, Indonesia
Respati Retno Utami, UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA, Indonesia

Abstract


        Sering kita ketahui bahwa beberapa tahun terakhir pemuda Indonesia sedang mengalami banyak masalah utamanya dalam hal semangat bela negara. Salah satu sikap yang semestinya dimiliki dalam hal bela negara tentunya adalah patriotisme. Pembahasan sikap patriotisme ini nantinya akan direlevansikan dengan watak tokoh kumbakarna dalam Serat Cariyosipun Prabu Ramawijaya yang bertujuan menjadi refleksi pada semangat patriotisme pemuda di Indonesia. Ada beberapa metode dan model analisis data yang pas digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan penggunaan analisis data dengan kualitatif deskriptif dan studi pustaka. Hal utama yang menjadi bagian dari kajian ini adalah teori strukturalisme genetik yang cocok untuk meneliti keterkaitan antara patriotisme dengan sifat atau watak tokoh Kumbakarna dan kenyataan yang terjdi di masyarakat. Dari hasil pembahasan tersebut diperoleh bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemuda di Indonesia ini mengenai Patriotisme melalui refleksi dari tokoh Kumbakarna yang ada dalam Serat Cariyosipun Prabu Ramawijaya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa patriotisme tidak dilandasi atas kepentingan pribadi melainkan menjaga dan merawat sikap tersebut dengan memulainya dari kesungguhan hati nurani.


Keywords


Ramawijaya; Kumbakarna; Patriotisme; strukturalisme

Full Text:

PDF

References


Ariani. (2020). Etika dalam Lakon Kumbakarna Gugur. Yogyakarta: Fakultas Filsafat

UGM Yogyakarta

Bakry,Noor. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Dover,R & Phytian,M. (2011). Lost over Libya:the 2010 strategic defence and security review-an obituary. Journal Defence Studies. 11(3), 420-444. Diunduh dari : https://doi.org./10.1080/

Elfindri.(2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode,dan Aplikasi untuk

Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Fathurahman, Oman. (2015). Filologi Indonesia: Teori dan Metode. Jakarta: Prenada

Media.

Gunawan,Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan

Implementasi.Bandung :Alfabeta

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta:

PT Bumi Aksara

I Wayan,dkk.(2020). Kajian Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Kumbakarna dalam Meningkatkan Mutu Nasionalisme. Jurnal Penjaminan Mutu. 6 (2). 1-9. Diunduh dari : http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM

Mustari,Mohamad. (2011). Nilai karakter : Refleksi untuk Pendidikan Karakter.

Yogyakarta:Laksbang Pressindo

Purnomo,Bambang. (2013). Filologi dan Studi Satra Lama. Surabaya :Penerbit Bintang

Surabaya

Putri,dkk. (2015). Hubungan Tingkat Pemahaman Konsep Pertahanan dan Keamanan Bangsa Indonesia dengan Sikap Patriotisme. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(1). 1-13. Diunduh dari : http://journal2.um.ac.id/index.php/jkd

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :PT.Rineka

Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&d. Bandung:

Alfabeta

Wijayanto, Rahmat.(2018). Pendidikan Bela Negara sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 3(2). 1-6. Diunduh dari : http://journal2.um.ac.id/index.php/jjpk

Winarno. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT.Bumi

Aksara

Yasa, I Nyoman. (2012). Teori Sastra dan Penerapannya. Bandung :Karya Putra

Darwati.




DOI: https://doi.org/10.21831/kejawen.v1i1.40377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kejawen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: