Pengembangan Program Upgrading Dengan Pendekatan Design Thinking Process Untuk Meningkatkan Keterampilan Berorganisasi Mahasiswa

Shobri Firman Susanto, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Mufarrihul Hazin, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Rizky Putra Santoso, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Widya Nusantara, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Ramadhan Kurnia Habibie, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Abstrak

Organisasi memainkan peran penting dalam memberikan keterampilan yang berharga untuk kesuksesan akademik dan karier mahasiswa. Hal ini menjadi pokok peneliti dengan tujuan penelitian adalah mengetahui urgensi berorganisasi serta mengembangkan program upgrading dengan pendekatan design thinking guna meningkatkan keterampilan berorganisasi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Metode yang digunakan adalah RnD teori dari Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan softskill tidak hanya ditafsirkan melalui kemampuan menulis tetapi kemampuan non teknis. Salah satunya mengikuti organisasi, dengan mengikutinya selain mendapatkan pengalaman dalam bidang sosial mahasiswa juga mendapatkan wawasan baru mengenai rasa tanggung jawab dan manajemen waktu yang baik. Sedangkan, untuk menjaga semangat berorganisasi ialah dengan memberi reward dan apresiasi begitu pun dengan diadakannya program upgrading untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kepercayaan terhadap organisasi. Maka peneliti melakukan pengembangan program upgrading berupa modul dengan pendekatan design thinking. Hasil uji kelayakan produk menunjukkan pengembangan berada pada kualifikasi "Sangat Baik" dan "Valid" dengan persentase kelayakan 91,11%. Sehingga dari penilaian disimpulkan bahwa pengembangan program upgrading dengan pendekatan design thinking “Sangat Baik” untuk meningkatkan keterampilan berorganisasi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA.

Development of an Upgrading Program using a Design Thinking Process Approach to Improve Student Organizational Skills

Abstract

Organizing is important in providing valuable skills for students' academic and career success. The main point of the research with the aim of knowing the urgency of organizing and developing an upgrading program with a design thinking approach to improve the organizational skills of students of the Faculty of Education UNESA. The method used is RnD theory from Borg and Gall. The results showed that soft skills are not only interpreted through writing skills but non-technical abilities. One of them is joining the organization, by following it in addition to gaining experience in the social field, students also get new insights into a sense of responsibility and good time management. Meanwhile, to maintain the spirit of organization is by giving rewards and appreciation as well as by holding an upgrading program to improve the quality of human resources and trust in the organization. So, the researchers developed an upgrading program in the form of a module with a design thinking approach. The results of the product feasibility test show that the development is in the “Very Good” and “Valid” qualifications with a feasibility percentage of 91.11%. So, from the assessment it is concluded that the development of an upgrading program with a design thinking approach is “Very Good” to improve the organizational skills of students of the Faculty of Education UNESA

 


Keywords


upgrading; organisasi; design thinking process; keterampilan, upgrading; organization; design thinking process; skill

Full Text:

PDF

References


Abdul, A., Tri Joko Raharjo, M. K., & Teguh Supriyanto. (2023). Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Membentuk SDM Unggul yang Berjiwa Creativepreneurship di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Abiel, A. P. (2023). Penerapan Pendekatan Design Thinking Tahapan Empathize dan Define Di SMAN 1 Sleman. Universitas Islam Indonesia.

Alma, A. S., & Umi, A. I. (2021). Hubungan antara Persepsi Dukungan Organisasi dengan Komitmen Organisasi pada Guru. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 8.

Dewantara, J. A., Ulfah, M., & Afandi, A. (2023). Peranan Himpunan Mahasiswa (Hima) Terhadap Pengembangan Public Speaking pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNTAN. Jurnal Kewarganegaraan, 7. https://www.researchgate.net/publication/370769463

Farida, K., Purnomo, D., Haris Effendi, N., & Abas, S. (2023). Pelatihan Organisasi dan Kepemimpinan pada Pemuda Pemudi Masjid di Kecamatan Jatiasih, Bekasi.

Fauzi, A. A., & Pahlevi, T. (2020). Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Fazlika, J., Razi, F., & Lefrida, R. (2023). Story Board untuk Menampilkan Aplikasi GeoGebra dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3205–3215. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2861

Fidelia, R. P. (2020). HUBUNGAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) DENGAN KETERLIBATAN KERJA PADA PERAWAT KONTRAK DI RSU X. UNIVERSITAS SRIWIJAYA.

Fidelia, R. P., & Dewi, A. (2020). Perceived Organizational Support dan Keterlibatan Kerja Pada Perawat Kontrak. Psychology Journal of Mental Health, 2(2). http://pjmh.ejournal.unsri.ac.id/

Fitriyah, L., Mubarak, A. F., & Sa’adah, N. (2023). Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Bidang Pendidikan Agama Islam Melalui Organisasi Himaprodi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 1025–1032. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4810

Haryono, E. , A. W. , & A. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Radiasi, 4(1)(77–80).

Hendra, Angreni, T., & Hanitha, V. (2024). Pengembangan Kemampuan Leadership bagi Anggota Organisasi Kemahasiswaan di Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.32877/nr.v3i2

Jismin, J., Nurdin, N., & Rustina, R. (2022). Analisis Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai Administrasi UIN Datokarama Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan (JIMPE), 1. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/jimpi/index

Kadek Suryani, N., Wahid, U., & Toni, A. (2023). Peran Efektifitas Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. Widya Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i2

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Mangkunegara, & Anwar, P. (2010). Perilaku dan Budaya Organisasi. Refika Aditama.

Mufida, I., & Ramayanti, R. (2023). Implementasi Design Thinking Dalam Menciptakan Inovasi Sign Language Translantor. IKRAITH-TEKNOLOGI, 7. https://doi.org/10.37817/ikraith-teknologi.v7i3

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1.

Rostikawati, D. A., & Yustiana, Y. R. (2024). Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Pembelajaran IPA. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima

Rukajat, A. (2012). Pendekatan Penelitian Kualitatif. CV Budi Utama.

Salsabila, S. S. (2023). Dinamika Psikologis Terbentuknya Bonding Social Capital Pada Anggota Organisasi Mahasiswa Skripsi. Universitas Sultan Agung.

Setiawati, S., Khairunnisa, D., & Ramdhania, F. (2021). Penerapan Teori Design Thinking Pada Kegiatan Upgrading Organisasi Remaja Masjid Di Jatiasih Bekasi (Vol. 1, Issue 2).

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Susanto, S. F., Yusuf, A., & Widyaswari, M. (2023). Tourism Village Service Readiness Through Life Skills. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 227–235. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i2.608

Wachidatus, S. F., & Meita, S. B. (2019). Hubungan Iklim Organisasi dengan Komitmen Organisasi pada anggota Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 6.

Yulius, Y., & Pratama Putra, M. E. (2021). Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. BESAUNG JURNAL SENI DESAIN DAN BUDAYA, 2.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i2.78056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats