Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Potens Lokal Pada Pembelajaran Keterampilan Siswa Pendidikan Kesetaraan Paket C Kota Palembang
Mega Nurrizalia, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Yanti Karmila Nengsih, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pembelajaran keterampilan berbasis potensi lokal siswa Paket C yang dilihat dari kevalidan dan kepraktisannya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 (lima) tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), namun penelitian ini dilakukan 4 (empat) tahapan saja yakni sampai pada impletantation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi menunjukkan persentase sebesar 77,5% dengan kategori valid untuk ahli Bahasa Indonesia, kemudian validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 100% yang artinya sangat baik dan valid, selanjutnya hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 97,5% yang artinya juga sangat baik dan valid, dari tiga validator diperoleh skor rata-rata sebesar 91,66% yang artinya produk valid. Selanjutnya hasil uji coba produk untuk one to one diperoleh skor sebesar 98,33%, artinya produk sangat praktis, kemudian hasil uji coba small group memperoleh skor 99%, artinya sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa produk yang dihasilkan berada pada kategori valid dan sangat praktis untuk digunakan oleh siswa Paket C dalam menunjang proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran keterampilan berbasis potensi lokal.
Development of Local Potential-Based Animation Video Media in Learning Skills for Equivalent Education Package C Students Palembang City
Abstract: The aim of this research is to develop learning media in the form of animated videos for learning skills based on the local potential of Package C students as seen from their validity and practicality. The type of this research is development research with the ADDIE development model with 5 (five) stages (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), but this research was carried out in only 4 (four) stages, namely up to implementation. Data collection was carried out using questionnaires, interviews and observations. The results of developing learning media in the form of animated videos show a percentage of 77.5% with a valid category for Indonesian language experts, then material expert validation gets a score of 100%, which means very good and valid, then media expert validation results get a score of 97.5% which means it is also very good and valid, from the three validators an average score of 91.66% was obtained, which means the product is valid. Furthermore, the product trial results for one to one obtained a score of 98.33%, meaning the product was very practical, then the small group trial results obtained a score of 99%, meaning it was very practical. Based on these results, it can be said that the product produced is in the valid category and is very practical for use by Package C students to support the learning process, especially in learning skills based on local potential.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, C. K. dan D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (n.d.).
Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1).
Farindhni, D. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21850
Hamka. (2018). Media Pembelajaran Inklusi (1st ed.). Publikasi Buku Reperensi Media Pembelajaran Inklusi. http:/eprints.ulm.ac.id/6126/1/B5.
Haqiqi. (2022). Proses Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ibnu Kamil Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) , 7(1).
Hasan, L. N., & Chumairoh, K. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dongeng Untuk Pembelajaran Menyimak Cerita Di Kelas III Sdn Sukabumi VI Probolinggo. JOB (Jurnal Online Baradha).
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
Nisa, E. M., Bahar, A., Purwidiani, N., & Romadhoni, I. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Kompetensi Dasar Personal Hygiene Di SMK Negeri 2 Ponorogo. Jurnal Tata Boga, 11(2).
Nurfadillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. In CV Jejak.
Nurul, Z., Rahmayani, C., Humaira, & Sunarti. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di RA Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1).
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Penglola Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60–65.
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Pratama, R., & Shomedran. (2023). Pengembangan Media Informasi Berbasis Web Blog Pada Laboratorium Pendidikan Masyarakat Fkip Universitas Sriwijaya. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1).
Pratiwi, R., Shomedran, & Warnida. (2023). IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA TANJUNG SETEKO OGAN ILIR. Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 15–20.
Priyambudi, S., & Probowati, Y. (2019). Kegiatan Story Telling Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak-Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.356
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Umma, K. K., & Sopandi, A. A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Merangkai Bunga Hias Hidup (Bougenville) Bagi Anak Tunarungu Di SLBN 2 Padang Pada Masa Pandemi Covid-19. Journalof Basic Education Studies, 4(1).
Wahidin, N., Supriyono, S., & Widianto, E. (2022). Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Mentari Kabupaten Malang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 28–39.
Wildawati, W., Saodi, S., & Rusmayadi, R. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3374
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i2.76955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |