Pemetaan Kebutuhan Program Parenting Education dalam Persiapan Regenerasi Remaja di Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta

Fitta Ummaya Santi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kabut Yuli Asih, Universitas Negeri Yogyakarta
Desi Astika Sari, Universitas Negeri Yogyakarta
Dewi Pristanti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Permasalahan orang tua di kawasan Desa Wisata Pentingsari terhadap persiapan regenerasi desa wisata, (2) kebutuhan program parenting di Desa Wisata Pentingsari dalam upaya mempersiapkan regenerasi desa wisata, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam rencana program Parenting education di desa wisata Pentingsari.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan subjek penelitian: tokoh masyarakat, pengelola wisata dan orang tua yang memiliki anak remaja di Desa Wisata Pentingsari. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara/FGD, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan triangulasi, diskusi terfokus dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan Program parenting education dipandang penting untuk meningkatkan pengetahuan parenting bagi orang tua. Akan tetapi, pengetahuan dan keterlibatan orang tua dalam mempersiapkan regenerasi desa wisata masih kurang. Kebutuhan program parenting education dalam mempersiapkan regenerasi desa wisata diantaranya: peningkatan kesadaran orang tua, membangun komunikasi efektif orang tua dan anak, dan strategi dalam persiapan regenerasi desa wisata. Faktor pendukung adalah dukungan pengelola wisata dan keterlibatan forum orang tua di desa Pentingsari ditandai dengan adanya program kerja yang sama. Faktor penghambat adalah antusias yang masih rendah dari orang tua untuk terlibat dalam program.

 

Mapping of Parenting Education Program Needs in Preparation for Regeneration in Pentingsari Tourism Village

 

Abstract

This study aims to describe: (1) The problems of parents in the Tourism Village area of Pentingsari regarding the preparation for regeneration of a tourism village, (2) the need for a parenting program in Pentingsari Tourism Village in an effort to prepare for regeneration of a tourist village, (3) supporting and inhibiting factors in the program plan Parenting Education in the tourist village of Pentingsari. This type of research is a qualitative-descriptive study with research subjects: community leaders, tourism managers and parents who have teenagers in Pentingsari Tourism Village. The method of data collection was done by interviewing / FGD, observation, and documentation. Data analysis used qualitative analysis techniques with triangulation, focused discussion and extension of observations. The results showed that the parenting education program was deemed important to increase parenting knowledge for parents. However, the knowledge and involvement of parents in preparing tourism village regeneration is still lacking. The needs for parenting education programs in preparing for the regeneration of tourism villages include: increasing parental awareness, building effective communication between parents and children, and strategies in preparing for regeneration of tourist villages. The supporting factor is the support of the tourism manager and the involvement of the parents forum in Pentingsari village which is marked by the existence of a similar work program. The inhibiting factor is the low enthusiasm of parents to be involved in the program.



Keywords


Analisis Kebutuhan; Parenting; Desa Wisata Pentingsari, Needs Analysis; Parenting; Pentingsari Tourism Village

Full Text:

PDF

References


Auraz, Juancarlos. 2020. Youth Training Events Public Symposia Cultural-Resilience: Cultural Resilience: 5 Essential 21 st Sentury Competencies. Diakses di www.extension.umn.edu.

Fajarwati, Mila. 2011. Penelitian Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Remaja dalam Berinternet Sehat di Surabaya, Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur (pdf). (http://eprints.upnjatim.ac.id/1793/) diakses 8 Mei 2020 pukul 07:57 WIB

Dispar, Sleman. 2019. 8,53 Juta Wisatawan Kunjungi Sleman di Tahun 2018. Diakses dari http://pariwisata.sleman.kab.go.id/201902/20/853-juta-wisatawan-kunjungi-sleman-di-2018.

Feist, J. & Feist, G.J. 2010. Teori Kepribadian Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika

Hermino, Agustinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan: Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Multilevel Planning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Pius Sugeng Prasetya, dkk. 2017. Inovasi untuk Mewujudkan Desa Unggul dan Berkemajuan. Friedrich-Ebert-Stiftung Kantor Perwakilan Indonesia

Kinanti, G. R., & Rakhmad, W. N. 2019. Memahami Relasi Komunikasi Orang tua Milenial dalam Pembentukan Konsep Diri Anak di Era Digital. Interaksi Online, 7(2), 115-126.

Lewis, J. 2003. Design Issues In Qualitative Research Practice: a Guide for Social Science Student Researcher. London: SAGE Publication

Miles, M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014.Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook Edition 3.

Mikkelsen Britha. 1999. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan: sebuah buku pegangan bagi para praktisi lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Minarni, Selistia. 2017. Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Anggota Geng Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi. 5 (2)

Nursaid, A. & Armawi, A. 2016. Peran Kelompok Batik Tulis Giriloyo Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(2), 217–236

Pitana, I Gede dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi

Raraswati, Palupi. 2016. Buku Saku Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Soetomo. 2010. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sri Haryati, dkk. 2016. Peran Pemuda dalam Mengelola Kawasan Ekowisata dan Implikasinya terhadap Ketahanan Masyarakat Desa (Studi tentang Pemuda Pengelola Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional. Diakses file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/Peran_Pemuda_Dalam_Mengelola_Kawasan_Ekowisata_Dan.pdf.

Sudjana. 2001. Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah

Suwena, I Ketut. 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Udayana Press

Walsh, F. 1996. The Concept of Family Resiilience: Crisis and

Change. 35 (2). Diakses di https://onlinelibrary.wiley.com

Yoeti, Oka, dkk. 2006. Pariwisata Budaya: Masalah dan Solusinya. Jakarta: PT. Pradnya Pramita




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats