Implementasi Ekstrakulikuler Ketrampilan dalam Peningkatan Kemandirian Anak di SLB YPAC Pangkalpinang

Diah Rina Miftakhi, STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian anak berkebutuhan khusus yang ada di lembaga SLB YPAC Pangkalpinang melalui implementasi kegiatan ekstrakurikuler ketrampilan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ketrampilan serta untuk mengetahui tingkat kemandirian anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian yang terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  SLB YPAC Pangkalpinang membuat beberapa kegiatan ekstrakurikuler antara lain: membatik, memasak, merias wajah, membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas, dan membuat keranjang hantaran pernikahan. egiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SLB YPAC Pangkalpinang mulai tingkat SDLB sampai SMALB. Harapan dari pihak sekolah adalah dengan diberikannya kegiatan ekstrakurikuler ini, maka anak berkebutuhan khusus di SLB YPAC Pangkalpinang akan memiliki bekal ketrampilan setelah mereka lulus dan dapat mandiri dengan mengembangkan ketrampilan yang sudah mereka miliki.

 

Abstract

          This research was conducted with the aim to find out the level of independence of children with special needs in the YPAC Pangkalpinang SLB institution through the implementation of skills extracurricular activities. The purpose of this study was to determine the implementation of extracurricular skills and to determine the level of independence of children. The method used in this research is a qualitative descriptive approach with research data sources consisting of primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques used are through observation, interviews, and documentation. SLB YPAC Pangkalpinang made several extracurricular activities including: making batik, cooking, putting on makeup, making handicrafts from used materials, and making wedding delivery baskets. Extracurricular activities carried out at SLB YPAC Pangkalpinang from SDLB to SMALB levels. The expectation from the school is that by providing this extracurricular activity, children with special needs in SLB YPAC Pangkalpinang will have the provision of skills after they graduate and can be independent by developing the skills they already have.

 

Keywords


Kata kunci: Ekstrakurikuler; Ketrampilan; Kemandirian Anak, Extracurricular; Skills; Children's Independence

Full Text:

PDF

References


Al Irsyadi F.Y, Nugroho Y.S. 2015. Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding SNATIF Ke -2 Tahun 2015 ISBN: 978-602-1180-21-1.

Ahmad Habib, Wasi Purnamawati, Ayuni Octaviani, Moh. Syarif Sumantri. 2019. Ekstrakurikuler Seni Musik : Membentuk Karakter Berkebutuhan Khusus?. Jurnal Metodik Didaktik. 15 (1), 12-20, From https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/21649/0

Desiningrum D.R. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Eka Prihatin. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Glazzard J, Glazzard J, Stokoe J, Hughes A, Netherwood A, Neve L. 2015. Asih Asah Asuh Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PT Kanisius.

Suparno. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, Triyo. 2010. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Sukses Offset

Morrison G.S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.

Moleong Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miftakhi Diah Rina, Hendrik Maulina. 2018. Implementasi Gerakan Orangtua mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Volume 4 Nomor 2 Desember 2018. Hal 158-164 p-ISSN:2443-2202 e-ISSN: 2477-2518 Homepage: http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.7150

Thompson J. 2010. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Wardani I.G.A.K. 2015. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Buku Materi Pokok PDGK4407/3SKS/MODUL 1-9. Banten: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats