Efektivitas Program Bina Prestasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang
Oktarina oktarina, STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Abstract
Abstrak
Tingkat persaingan sekolah swasta untuk bisa bertahan di tengah maraknya sekolah-sekolah negeri sehingga diperlukan program-program yang mampu meningkatkan mutu pendidikannya sehingga masyarakat tidak meninggalkan sekolah swasta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas program Bina Prestasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan Program Bina Prestasi adalah wadah khusus untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik, didalamnya dibina siswa-siswa yang berminat dalam bidang IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Seni. Hasilnya siswa dalam program ini telah mencetak berbagai prestasi baik local maupun nasional, hingga internasional. Hasil penghitungan efektifitas juga menunjukkan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Santa Theresia 1, hal ini terbukti dari hasil angket per mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia dengan skor 76,81 , Matematika dengan skor 78,33, IPA dengan skor 76,07, Seni dengan skor 76,66 dan Bahasa Inggris dengan skor tertinggi 84,12. Hal ini sejalan dengan diraihnya berbagai prestasi dalam lima bidang mata pelajaran tersebut baik di tingkat lokal maupun nasional.
Abstract
The level of competition of private schools to be able to survive during it he rises of public schools so that programs are needed that can improve the quality of education so that people do not leave private schools. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Bina Prestasi program to improve the quality of education in SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang. This research uses the descriptive qualitative method. Data collection techniques using interviews, observation, documentation and questionnaire distribution. The results showed the Achievement Development Program is a special place to improve student achievement in the academic field, in which fostered students who are interested in the fields of Natural Sciences, Mathematics, Indonesian, English and Arts. As a result students in this program have scored a variety of achievements both locally and nationally, to internationally. The results of the effectiveness calculation also show that this program is effective in improving the quality of education in SD Santa Theresia 1, this is evident from the results of the questionnaire per subject, namely Indonesian with a score of 76.81, Mathematics with a score of 78.33, Science with a score of 76, 07, Art with a score of 76.66 and English with the highest score of 84.12. This is in line with the achievement of various achievements in the five subject areas both at the local and national level.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktek, Bandung, Rosda
Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Handayaningrat, Soewarno. 1994. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung.
Isjoni.2009. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta
Mulyana, Deddy . 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma
Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial. Bandung: Rosdakarya.
Moleong, Ley J. 1996. Metodologi Penelelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya.
Siagian, P. S. 2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta : Haji Masagung.
Sugiyarti, Sri. 2018. Tinjauan Pola Pembelajaran SD Favorit di Kota Pangkalpinang; Artikel di presentasikan dalam Seminar
Nasional Dewan Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, Di akses dari http://fisip.ubb.ac.id/berita/2018/12/11/49/seminar-nasional-dewan-pendidikan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung
Sulistiyono,B. 2009. Kenangan Perjalanan 75 Tahun (1934-2009); Pangkalpinang; Santa Theresia.
Susanto, A. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Ghaila Indonesia.
Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.27977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |