Pusat Informasi dan Konseling Remaja: Upaya Perwujudan Pendidikan Nonformal
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Forum Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) sebagai perwujudan pendidikan nonformal di masyarakat. Berkaca pada maraknya perilaku menyimpang di masa remaja saat ini, berbagai kegiatan yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk remaja, Forum PIK Remaja memberikan kesempatan bagi remaja untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan bekal guna menghadapi tantangan kehidupan saat ini. Forum ini memberikan keleluasaan bagi para remaja untuk dapat belajar mengenai penyalahgunaan Napza, Seksualitas, HIV dan Aids serta Life Skill untuk mencapai tujuan program generasi berencana. Kegiatan yang dilaksanakan menjadi pendidikan alternatif bagi kalangan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Oleh karena itu PIK Remaja dapat menjadi pendidikan alternatif para remaja untuk meningkatkan kapasitas remaja dalam menghadapi tantangan kehidupan saat ini.
Kata Kunci: pusat informasi dan konseling remaja, remaja, pendidikan nonformal
Abstract
This study aims to determine the role of the Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) as a manifestation of non-formal education in the community. Reflecting on the prevalence of deviant behavior in adolescence at this time, various activities carried out from, by and for adolescents, the PIK Remaja Forum provides opportunities for adolescents to gain knowledge, abilities and provisions to face the challenges of life today. This forum provides flexibility for young people to be able to learn about drug abuse, sexuality, HIV and AIDS and Life Skills to achieve the goals of the generation planning program. The activities carried out become alternative education for young people. The method used in this study is a qualitative research method. Therefore PIK Remaja can be an alternative education for adolescents to increase the capacity of adolescents in facing life's challenges today.
Keywords: pusat informasi dan konseling remaja, adolescent, nonformal educationKeywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahmat. 2018. Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Nonformal. Gorontalo: Ideas Publishing.
Azis Syamsudin. 2008. Kaum Muda Menatap Masa Depan Indonesia. Jakarta: RMBOOKS.
BKKBN. 2012. Panduan Pengelolan: Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M). Jakarta: Direktorat Ketahanan Remaja.
BKKBN DIY. 2010. Panduan Pengelolaan: Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja). Yogyakarta: BKKBN DIY.
Detik. 2018. 20 Tahun Reformasi, Menarik Benang Esensi Gerakan Mahasiswa. (21 Mei 2018). Diakses dari https://news.detik.com/kolom/d-4032301/20-tahun-reformasi-menarik-benang-esensi-gerakan-mahasiswa.
Didin dan Imam. 2013. Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Kartono, K. (2014). Psikologi Sosial 2 Kenakalan Remaja (ed13 ed). Jakarta: PT Rajawali Pers.
Kedaulatan Rakyat. 2013. Kenakalan Remaja Mulai Ke Kriminalitas. Kedaulatan Rakyat (8 Februari 2013). Hlm.6.
Kemenpora. 2010. Penyajian Data dan Informasi Statistik Kepemudaan Tahun 2010. Jakarta: Kemenpora RI.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nurul Zuriah. 2007. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Saleh Marzuki. 2009. Dimensi-dimensi Pendidikan Nonformal. Malang: UNM Press.
Sofyan S. Willis. 2005. Remaja Dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v3i2.27026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |