PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Heri Retnawati, Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi bangun segitiga dan segi empat dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada Kompetensi Dasar “Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah” yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model Plomp. Pengembangan yang dilakukan dengan 5 tahap yaitu: (1) analisis permasalahan, (2) rancangan, (3) realisasi, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Patuk Gunungkidul dengan 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi perangkat, lembar kepraktisan perangkat, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran pada Kompetensi Dasar “Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah” yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, pemecahan masalah
DEVELOPING TEACHING AND LEARNING KITS THROUGH GUIDED DISCOVERY TO IMPROVE THE COMPETENCE OF PROBLEM SOLVING
Abstract
This research is aimed to produce a learning kits material of triangle and square shape through guided inquiry to improve a problem solving competence on the basic competence of “counting the circle and the width of the triangle and square shape and use it to solve problem” which is appropriate to use in a process of teaching and learning activity. This research is a developing research which uses the Plomp model. The development is done through 5 phases, i.e. (1) Problem analysis, (2) designing, (3) realization, (4) implementation, (5) evaluation. Subjects of trial-test in this research are the seven grade students of SMP Negeri Patuk 1 Gunungkidul, 32 students. The instruments of collecting data used are; validity observation sheet, practicality sheet, and test instruments. Data collected are data about the product quality which is developed, i.e. validity, practicality, and effectivity. This research produced the instrument of teaching and learning on the basic competence of “counting the circle and the width of the triangle and square shape and use it to solve problem” which fulfils the valid, practical and effective criterion.
Keywords: teaching and learning kits, guided discovery, problem solvingKeywords
Full Text:
PDFReferences
Alfieri, L., et al. (2011). Does discovery-based instruction enhance learning?. Journal of Educational Psychology 2011, Vol. 103, No. 1, 1–18.
Avcu, S., & Avcu, R. (2010). Pre-service elementary mathematics teachers’ use of strategies in mathematical problem solving. Procedia Social and Behavioral Sciences 9, Turkey, 2010, 1282–1286.
Balim, A. G. (2009). The effects of discovery learning on students’ success and inquiry learning skills. Journal of Educational Research, Issue 35, Spring 2009, 1-20.
Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar.
Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: Mengajarkan konten dan ketrampilan berpikir. (Terjemahan Satrio Wahono). Boston: Pearson. (Buku asli diterbitkan tahun 2012).
Haylock, D. & Thangata, F. (2007). Key concepts in teaching primary mathematics. London: Sage.
Joolingen, W. V. (1999). Cognitive tools for discovery learning1. International Journal of Artificial Intelligence in Education (1999), 10, 385-397.
Lefrancois, G.R. (1999). Psychology for teaching (10th ed). Belmont: Wadsworth.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Marsh, C. (2010). Becoming a teacher: Knowledge, skill and issues (5th ed). Frechs Forest: Pearson.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: NCTM, Inc.
Om, P. A., & Jay, J. M. (2003). An integrated approach to teaching and learning college mathematics. Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series D: Research in Mathematical Education Vol. 7, No. 1, March 2003, 11–24.
Pimta, S., et al. (2009). Factors influencing mathematic problem-solving ability of sixth grade students. Journal of Social Sciences 5 (4): 2009. 381-385.
Plomp, T & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research: An Introduction (Eds). Netherlands: SLO
Posamentier, A. S., Smith, B. S., & Stepelman, J. (2010). Teaching secondary mathematics: Techniques and enrichment units (8th ed). Allyn & Bacon: Pearson.
Setiawan, R., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257. Retrieved fromhttp://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2679
Woolfolk, A., (2007). Educational Psychology (10th ed). Boston: Pearson Education.
Yuliyanto, Y., & Jailani, J. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri SMP menggunakan metode penemuan terbimbing pada kelas VIII Semester II. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 127-138. Retrieved fromhttp://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2670.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503
View My Stats