EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP DI KOTA YOGYAKARTA
Dhoriva Urwatul Wutsqa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Kata kunci: pemahaman KTSP, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran
Full Text:
58-68 PDFReferences
Arifin, Zainal (2011). Konsep dan model pengembangan kurikulum: konsep, teori, prosedur, komponen, pendekatan, model, evaluasi, dan inovasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Azwar, Saifuddin. (2010). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta.
BSNP (2006). Stándar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: stándar kompetensi dan kompetensi dasar SMP/MTs. Jakarta
BSNP. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan. Jakarta: BSNP.
BSNP. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.
Bender, F. (2010). Universal design for instruction and instructional planning. Disability service News Promoting Accessible Education, Vol 2 Issue 2, 1-3
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Depdiknas . (2005). Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.
Dick, W., Carey, L., Carey, J. O. (2001). The systematic design of instruction. New York: Addison-Weley Educational
Publisher Inc.
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Panduan umum pengembangan silabus. Departemen Pendidikan Nasional.
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Graff, J. G., Ratcliff, J. L., and Associates (1997). Handbook of the undergraduate curriculum: a comprehensive guide to purpose, structures, and change. San Fransisco, California: Jossey-Bass Inc.
Grouws, D. A. (1992). Handbook of research on mathematics teaching and learning. New York: Macmillan Publishing Company.
Hasan, S. Hamid. (2009). Evaluasi kurikulum.Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Harlen, W. (2007). Assesment of learning. Thousand Oaks, California: SAGE Publications.
Howell, K. W., & Nolet, V. (2000). Curriculum based evaluation: teaching and decision making (3rd ed). Scarborough, Ontario, Canada: Wadsworth Thompson Learning.
Ibnu, Suhadi. (2007). Menyikapi KTSP sebagai tantangan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih baik: Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 2, Nomor 2, Edisi Maret.
Jaedun, Amat. (2010). Model assesmen kinerja sekolah berbasis peserta didik. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan tahun 14, No I. hal 104.
Johnson, D.W., & Johnson, R.T. (2002). Meaningful assesment a manageable and cooperatif process. Boston, Massachusetts: Allyn And Bacon.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2004). Models of teaching (seventh edition). Boston, Massachusetts: Pearson Education, inc.
Kunandar. (2007). Guru profesional implementasi kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lamprianou, I & Athanasou, J. A. (2009). A theacers guide to educational assesment (revised edition). Rotterdam, Netherlans: Sense Publisher.
Lovat, T.J & Smith, David L. (2006). Curriculum action on reflection (4th ed). South Melbourne, Victoria: Social Science Press.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992) Analisis data kualitatif, terjemahan Tjejep Rohendi Rohadi, Jakarta: UI Press.
Mulyasa, E. (2008). Kurikulum tingkat satuan pendidikan suatu panduan praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nitko, A.J., & Brookhart, S. M. (2007). Educational asessment of students. (5th ed) Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Educational.
Parkay, F.W., Hass, G.J., Anctil, E.J. (2010). Curriculum leadership reading for developing quality educational programs (9th ed). Boston, MA: Pearson.
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departeman Pendidikan Nasional. (2008). Evaluasi pelaksanaan KTSP oleh tim pengembang kurikulum propinsi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departeman Pendidikan Nasional. (2007). Kajian kebijakan kurikulum mata pelajaran matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran: teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Scleigh, S. P., Bosse, M. J., Lee, T. (2011). Redefining curriculum integration and professional development: in-service teachers as agent of change [versi elektronik]. Current Issues in Education, Volume 14, Number 3, 1-14.
Suratno.(2009). Assesmen teman sejawat pada pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah akuntasi perusahaan jasa: Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan tahun 13, no.2. hal 201.
Susetyo, Budi. (2008). Penilaian hasil pembelajaran kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) disampaikan dalam rangka seminar nasional penilaian pembelajaran dalam kontek KTSP.Lampung : pp.6-11.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503
View My Stats