PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI SISTEM PENGEREMAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF

Tri Mulyanto, Departemen Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suhartanta Suhartanta, Departemen Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan format kurikulum merdeka pada materi sistem pengereman di Jurusan Teknik Otomotif  kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu model pengembangan 4-D (four-D) dari Thiangrajaan. Model penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengmebangan), dan disseminate (penyebaran). Subyek penelitian ini terdiri dari ahli pembelajaran, ahli materi, dan 33 peserta didik kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Pengasih. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket penilaian ahli pembelajaran dan ahli materi untuk mengukur kelayakan modul ajar dan angket respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan modul ajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa modul ajar sistem pengereman yang dilengkapi dengan buku ajar, LKPD/jobsheet, dan Media powerpoint. Hasil Penilaian oleh ahli pembelajaran tingkat kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan diperoleh skor 81,65% dengan kategori “sangat baik”. Kelayakan menurut ahli materi memperoleh persentase skor 84,5% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh skor persentase sebesar 79,5% dengan kategori “baik”.


Keywords


Pengembangan, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Sistem Pengereman

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, I. S., Mahmudah, F. N., & Santosa, A. B. (2023). Collaborative online learning : implementation of vocational alignment in accordance with the industry ’ s needs. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(1), 23–33.

Adianto, J., & Fedryansyah, M. (2018). Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Dalam Menghadapi Asean Economy Community. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 77. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18261

Admin SMP (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/

Anis Aprianti, & Siti Tiara Maulia. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181–190. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507

Hasnadi. (2019). Perencanaan sumber daya manusia pendidikan. Jurnal Bidayah, 10(3), 141–148. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i3.158

Herlandy, P. B., & Purwanto, H. (2022). Ubiquitous learning as a learning method for achieving vocational competencies in higher education during the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Tekonologi Kejuruan, 28(1), 99–108.

Indasah, S. S., & Sutiman. (2023). Pengaruh Tingkat Partisipasi Dalam Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anggota Tim Garuda Uny. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(November), 85–98.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangann kurikulum merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi:Malang

Maknun, L., & Kamila, H. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Maryono, Kuntarto, E., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Lingkungan dan Kebutuhan Belajar Siswa Di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 139–144. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/174

Mawati, A. T., Hanifah, & Arifudin, O. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(1), 69–82. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Maydiantoro, A. (2021). Model Penelitian Pengembangan. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1(2), 29–35.

Nuryanti, N. E., Mulyana, E. H., & Loita, A. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 7(2), 176–183. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia

Pattimura, Maimunah, & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1184–1196. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.316

Putri, C. A. (2023). Model Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 95–105. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi

Putri, C. A. D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Ramadhan, A., & Suhartanta. (2022). Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran produktif di kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 4, Nomor 2, Mei 2022, Vol 04 No(Mei), 53–72.

Soleh, D. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. 6(2), 137–143.

Sriyanto, J., Budiman, A., Suryanto, W., Sulistyo, B., Priti, P., Pangestu, S., Utama, O. S. tri, Pawoko, L. T., & Pratama, F. D. (2023). Problematika Guru Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1), 99–107.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Yuliani, E. N., Arnawa, I. M., Musdi, E., & Hidayat, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 407. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4340




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i1.71465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats