EVALUASI UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK DI KOTA YOGYAKARTA
Wagiran Wagiran, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK di Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek: (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product. Subjek penelitian ini yaitu 7 ketua kompetensi keahlian, 18 asesor, dan 23 guru produktif SMK negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman dokumentasi, kuesioner, dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian divalidasi melalui expert judgement. Validitas diperoleh dengan product moment sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Aspek context mendapatkan skor 3,38 (K3), 3,43 (Asesor), dan 3,32 (Guru Produktif). Aspek input mendapatkan skor 3,55 (K3), 3,73 (Asesor), dan 3,37 (Guru Produktif). Aspek process mendapatkan skor 3,62 (K3), 3,73 (Asesor), 3,52 (Guru Produktif). Aspek product mendapatkan skor 3,36 (K3), 3,50 (Asesor), 3,34 (Guru Produktif). Rekomendasi terhadap UKK TKRO yaitu: (1) peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana uji kompetensi yang mutakhir, (2) pengingkatan kualitas guru produktif dan asesor melalui pelatihan asesor, (3) dan peningkatan MoU dengan DUDI/IDUKA mengenai rekrutmen tenaga kerja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, R. (2019). Alasan Lulusan SMK Belum Kompeten di Dunia Industri. Retrived from : https://www.tagar.id/alasan-lulusan-smk-belum-kompeten-di-dunia-industri
Budiyanto & Suyanto, W. (2020). The Evaluation Of Competency Certification Program Through the LSP P-1 at Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 10, No. 1, 2020 (44-55)
Burke, J.W., (2005). Competency Based Education and Training: Taylor & Francis e-Library
Cloud Assess. (2020). Principles of Assessment: What This Means For RTOs. Retrived from: https://www.cloudassess.com.au/ca-blog/principles-of-assessment
Colardyn, D. (2009). The Certification of competencies. In R. Maclean, D. Wilson (eds.), International Handbook Of Education For The Changing World Of Work, Bridging Academic And Vocational Learning (pp.2777-2792). Bonn: Springer.
Dobson, G. (2003). A Guide to Writing Competency-Based Training Materials. Commonwealth of Australia: National Volunteer Skills Centre.
Hardiyanta, R.A.P. & Solikin, M. (2019). Analisis Hasil Uji Kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi Otomotif Indonesia Se-Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. Vol 1, No 2 (2019). DOI: 10.21831/jpvo.v1i2.24167
Hasan, B. (2019). Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Retrived from http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/195512041981031-BACHTIAR_HASAN/PENDIDIKAN_KEJURUAN_DI_INDONESIA.pdf
Indriaturrahmi. (2016). Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri Dalam Penyelenggaraan SMK Berbasis Kearifan Lokal di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 2, Juni 2016 (162-172)
Irawan, A. (2013). Partisipasi Industri Servis Kendaran Bermotor Terhadap Implementasi Kompetensi Produktif Dalam Kurikulum SMK Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Irwanti, Y.D. (2014). Evaluasi Uji Kompetensi Siswa Keahlian Multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Ishak, K. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran dan Inflikasinya terhadap Indek Pembangunan di Indonesia. Online: https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/download/121/121
Jubaedah, Y. & Rohaeni, N.. (2013). Rancang Bangun Model Holistic Assessment pada Uji Kompetensi Keahlian Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. INVOTEC, Volume IX, No.1, Februari 2013 : 57-68
Jubaedah, Y.(2010).Competency Based Assessment Sebagai Model Pengujian Kompetensi di SMK. Retrived from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/63/57
Kuntoro, T. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Oleh LSP-P3 di Kabupaten Banyumas Menggunakan Model CIPP. Tesis. UNS
Kurnia, M.Y. dkk. (2015). Relevansi Materi Mata Kuliah Bodi Otomotif dan Materi Mata Pelajaran Teknik Perbaikan Bodi Otomotif Dengan Materi Uji Kompetensi Standar BNSP. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1, Juni 2015
Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 1/BNSP/III/2014 Tentang Pedoman Penilaian Kesesuaian Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 5/BNSP/VII/2014 Tentang Pedoman Persyaratan Umum Tempat Uji Kompetensi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Jakarta: Sekretariat Negara
Putra, R.C. (2015). Analisis Penilaian Kualitas Dimensi Produk Uji Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1, Juni 2015
Rizkiyah, N. F., Mariana, R. R., & Soekopitojo, S. (2018). Sertifikasi Asesor Kompetensi Guru Produktif Program Keahlian Tata Boga dalam Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6): 708-714.
Rosen, Y., et.al. (2016). Handbook of Reseach on Technology Tools for Real-World Skill Development: IGI Global book series Advances in Higher Education and Professional Development
Sakarinto, W. (2021). Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2020/2021
Samsudi (2011). Kesiapan SMK dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian dalam Rangka Ujian Nasional.
Santiyadnya, N. (2015). The Program Evaluation of The Implementation of Productive Skill Competency Test In SMK Negeri 3 Singaraja. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 1(1), 1 - 11. https://doi.org/10.21009/jisae.v1i1.1662
Sugiyanto & Permadhy, Y.T. (2020). Faktor Penyebab Pengangguran dan Strategi Penanganan Permasalahan Pengangguran pada Desa Bojongcae, Cibadak Lebak Provinsi Banten. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 2 No 3 Bulan Juli 2020. Retrived from : https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/download/583/435/
Suhartanta and Sofyan, Herminarto (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Employability Skills Berbasis Kebutuhan Industri Otomotif pada SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana. Retrived from : https://eprints.uny.ac.id/70085/1/disertasi-suhartanta-11702261001.pdf
Suharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Prosiding Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran UNS. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9877/7310.
Sukamti, D. (2018). Penyebab Tingginya Angka Pengangguran di Kota Metro. Retrived from : https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1829/1/DWI%20SUKAMTI%2013102704.pdf
Suranto, S. dkk. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Administrasi Perkantoran Di SMK. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 18, Nomor 1, 2014
Surono, dkk. (2020). Study on Strategy of Embedding Employability Skills Into Learning Module, Case: Training of Competency Assessor. International Journal of Advanced Science and Technology Vol. 29, No. 7, (2020), pp. 3745-3760
Suwarno, S.M. & Ismanto, B. (2020). Evaluasi Tempat Uji Kompetensi Teknisi Otomotif dalam Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 7, No. 1, Januari-Juni 2020 Hal: 98-109
Umam, F. (2019). Uji Kompetensi Kejuruan (UKK): Upaya Mepersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Siswa SMK Al-Miftah Pamekasan di Era Industri 4.0. Retrived from : https://www.researchgate.net/publication/336676022
Yuliarnis, S.K., (2020). Analisis Kebutuhan Studi Implementasi Link and Match Smk dengan DU/DI. JIPP, Volume 4 Nomor 2 Juli 2020
Yusuf, A. R. & Mukhadis, A. (2018). Model Pengembangan Profesionalitas Guru Sesuai Tuntutan Revitalisasi Pendidikan Vokasi di Indonesia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(2): 130-139.
Yusuf, F., T. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i2.59527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.