PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR EFI TOYOTA AVANZA DI SMK MUHAMMADIYAH MLATI
Rabiman Rabiman, (Scopus ID: 57209463823) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Arif Bintoro Johan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Jhonni Rentas, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sistem EFI dan mengetahui kelayakannya sebagai bahan ajar pada mata pelajaran PMKR kelas XI Jurusan TKR SMK Muhammadiyah Mlati Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau R&D. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan lembar angket. Instrumen yang digunakan yaitu angket tertutup yang diajukan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif untuk mengetahui persentase kelayakan modul. Hasil penelitian berupa sebuah modul yang memiliki spesifikasi: (1) Kata Pengantar, (2) Daftar Isi, (3) Daftar Gambar, (4) Peta Kedudukan Modul, (5) Isi, (6) penutup. Pengaturan modul: (1) Ukuran Kertas: A4 70gr, (2) Halaman Sampul: Hardcover, (3) Spasi: 1.5, (4) Margins atas: 4cm, kiri: 4cm, kanan: 3cm, bawah: 3cm. Hasil penelitian terhadap kelayakan modul oleh ahli materi memperoleh rerata skor 4,92 atau 98,32% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian kelayakan modul oleh ahli media memperoleh rerata skor 3,86 atau 77,24% dengan kategori layak, dan hasil penilaian modul oleh peserta didik memperoleh rerata skor sebesar 3,99 atau 79,97% dengan kategori layak. Sehingga modul Sistem Bahan Bakar Bensin EFI layak digunakan sebagai bahan ajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Danang Sudibyo & Dwi Rahdiyanta. 2021.Development of product-based e-modul of manufacturing helical gears in Mechanical Engineering. American Journal of Educational Research, Volume 9, Nomor 4, 212-217.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. (2019). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Dianna Ratnawati, dkk. 2020. “Pengembangan E-Modul Sistem Rem Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. (Vol. 5 Nomor 1). Hlm. 20-26.
Fuad Anwar Sudibyo, Samsul Hadi, dkk. 2021. "Pengembangan E-Modul Sistem Pendingin Mesin untuk Siswa XI TKR SMK Muhammadiyah Gamping," Jurnal Vokasi Dewantara. (Vol. 2 Nomor 1). Hlm. 000-000.
Handoyono, dan Rabiman. 2020. "Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android pada Materi EFI untuk SMK," Jurnal Fisika. (Vol. 1456 Nomor). Hlm. 000-000
Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk MeningkatkanPemahaman Konsep dan Minat, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Heru Sriyono dan Suparmin. 2017. “Hubungan peran guru bimbingan dan konseling dengan motivasi belajar siswa sekolah menegah kejuruan” TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling. (Vol 1 Nomor 1). Hlm 1-6.
Kemendikbud. 2015. Pedoman penyusunan modul diklat Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru dan tenaga kependidikan. Jakarta: Direktorat Jendaral Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Lukman Arif dan Samidjo. 2018. “Hubungan Antara Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Kejuruan Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik” Jurnal Taman Vokasi. (Vol 6 Nomor 1). Hlm 92-97.
Muhammad Afif Islahuddin dan Abdurrahman. 2015. “Penggunaan Media Animasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem EFI (Electronic Fuel Injection,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. (Vol. 15 Nomor 2). Hlm. 98-102.
Muhammad Afif Ma’ruf, Rabiman dan Arif Bintoro Johan. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Teknologi Common Rail Di SMK N 2 Yogyakarta”. Jurnal Taman Vokasi.
Muhammad Romdoni dan Supriyoko. 2017. “Penerapan Model PBL Dengan Video Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XMIPA 2 SMAN 1 Minggir Pada Pokok Bahasan Eksponen Dan Logaritma Tahun 2016/2017” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Vol. V Nomor 1). Hlm. 68.
Nanda Pratama dan Setuju. 2015. “Hubungan Minat Belajar Kejuruan Dan Prestasi Belajar Praktik Pengelasan Dengan Minat Bekerja Di Industri Siswa Kelas Xi Semester Genap Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sedayu Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015” Jurnal Taman Vokasi. (Vol. 3 Nomor 2). Hlm. 713-720.
Nurcholish Arifin Handoyo, Rabimam, dkk. 2019. “Pelatihan Otomotif Bidang EFI (Electronic Fuel Injection)” Adimas Dewantara. (Vol 2 Nomor 2). Hlm 134-141.
Nurcholish Arifin Handoyo dan Ali Mahmud. 2020. “engembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection (EFI)” INVOTEK: Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi. (Vol. 20 Nomor 2). Hlm 107-116.
Nurcholish Arifin Handoyo dan Samsul Hadi. 2018. “Pengembangan Modul Pembuatan Body Kendaraan Dari Fiberglass Untuk Mendukung Perkuliahan Cat dan Body Kendaraan,” Jurnal Taman Vokasi. (Vol. 6 Nomor 1). Hlm. 36-44.
Rabiman, Diana Ratnawati, dkk. 2019. “Pelatihan Otomotif Bidang EFI (Electronic Fuel Injection)” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. (Vol. 2 Nomor 2). Hal 134-141.
Rahmawati, C. 2014. “Penyusunan Modul Pembelajaran KKPI untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet di SMK Negeri 1 Depok” Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Setuju dan Slamet Priyanto. 2015. “Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin I Kelas X Pemesinan Di SMK Muhammadiyah Prambanan” Jurnal Sosiohumaniora. (Vol 1 Nomor 1). Hlm 84-94.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taufik Hidayat, Setuju, dkk. 2022. “Analisis Model Pembelajaranuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Merdeka Belajar Siswa SMK” Seminar Nasional Kependidikan FKIP UST. (Vol 1 Nomor 1 2022). Hlm 18-22.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Pusblisher.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) pasal 1 ayat 1
Widodo, dkk. 2020. “ICT-based learning media development” Journal of Physics: Conference Series. Hlm. 1.
Widoyoko, S.E.P. 2009. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winardi Suyanta dan Samidjo. 2016. “Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Vol IV Nomor 1). Hlm 54-62.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i1.57758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.