RELEVANSI KOMPETENSI TKRO SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN INDUSTRI
Agus Budiman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) the competence of Automotive Light Vehicle Engineering (TKRO) at SMK Muhammadiyah Karangmojo; (2) the competency needs of the APM business and automotive industry following the TKRO Skills Competency curriculum given by SMK Muhammadiyah Karangmojo; (3) the relevance of the TKRO competencies given at SMK Muhammadiyah Karangmojo to the needs of the business world and the APM automotive industry. This research is descriptive quantitative and qualitative research. The subject of this research is the Head of TKRO Expertise Competence at SMK Muhammadiyah Karangmojo and 5 respondents from 5 DU/DI automotive APM. Data collection techniques in this study used documentation, questionnaires, and interviews. The data analysis technique in this study used quantitative descriptive analysis with percentages. The results of this study indicate that: (1) competence in the curriculum of SMK Muhammadiyah Karangmojo TKRO expertise competence consists of 256 KD, (2) competencies required by DU/DI automotive APM consist of 238 KD meaning there are several KD that are not required by DU/DI APM, and (3) The relevance of the TKRO competencies given at SMK Muhammadiyah Karangmojo to the overall need for DU/DI APM is 82%, with details of 191 (75%) Basic Competencies in the very relevant category, 26 (10%) Basic Competencies in the relevant category, 21 (8%) Basic Competencies in the less relevant category, and 18 (7%) Basic Competencies in the irrelevant category.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Muhammadiyah Karangmojo; (2) kompetensi kebutuhan dunia usaha dan industri otomotif APM sesuai kurikulum Kompetensi Keahlian TKRO yang diberikan SMK Muhammadiyah Karangmojo; (3) relevansi kompetensi TKRO yang diberikan di SMK Muhammadiyah Karangmojo dengan kebutuhan dunia usaha dan industri otomotif APM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Ketua Kompetensi Keahlian TKRO SMK Muhammadiyah Karangmojo dan 5 responden dari 5 DU/DI otomotif APM. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pada kurikulum SMK Muhammadiyah Karangmojo kompetensi keahlian TKRO terdiri dari 256 KD, (2) kompetensi yang dibutuhkan DU/DI otomotif APM terdiri dari 238 KD artinya terdapat beberapa KD yang tidak dibutuhkan oleh DU/DI APM, dan (3) Relevansi kompetensi TKRO yang diberikan di SMK Muhammadiyah Karangmojo dengan kebutuhan DU/DI APM secara keseluruhan sebesar 82%, dengan rincian 191 (75%) Kompetensi Dasar dalam kategori sangat relevan, 26 (10%) Kompetensi Dasar dalam kategori relevan, 21 (8%) Kompetensi Dasar dalam kategori kurang relevan, dan 18 (7%) Kompetensi Dasar dalam kategori tidak relevan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2014). Penyelarasan Kurikulum Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FT UNY, 22 (1),119-126
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
BPS. (2019). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menurut tingkat pendidikan tinggi yang ditamatkan (persen), Februari 2017 – Februari 2019. Diakses dari www.yogyakarta.bps.go.id , Pada tanggal 25 April 2020, jam 11.37 WIB.
Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas .(2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Dinata, M. (2020). Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Muhammadiyah 1 Playen . Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 33-46.
Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia melalui SMK. Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset.
Gunadi, Usman, T., & Nugraha, B. S. (2014). Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan FT UNY , 22 (2),155-162
Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jatmoko, D. (2013). Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Otomotif Terhadap Kebutuhan Dunia Industri Di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 22 (2), 1-13.
Mulyasa, E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya
Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 464/D.D5/KR/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3)
Peraturan Pemerintah RI Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
Setiawan, N. (2020). Pengembangan Modul Pada Mata Pelajaran Produkkreatif dan Kewirausahaan Untuk Siswa Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 95-108.
Suratijo (2018) Relevansi Kompetensi SMK Teknik Kendaraan Ringan Dengan Kompetensi Yang Dibutuhkan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Otomotif Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: FT UNY
Wibawa. C. A. (2018) Relevansi Kompetensi Produktif Pada Kurikulum SMK N 1 Magelang Kompetensi Keahlian Teknik Kedaraan Ringan Otomotif Dengan Kompetensi yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri (DU/DI). Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: FT UNY
Undang-Undang RI Nomer 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i2.51988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.