Peningkatan motivasi belajar siswa untuk pencapaian kompetensi menggambar proporsi tubuh melalui metode peer teaching

Dianita Anggar Kusuma, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY
Sri Wening, Faklutas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita dengan menerapkan metode peer teaching, (2) peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode peer teaching, (3) peningkatan pencapaian kompetensi menggambar proporsi tubuh wanita melalui penerapan metode peer teaching di SMK Diponegoro Depok, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI Busana Butik pada tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, dan tes. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dengan meminta pendapat para ahli. Uji reliabilitas menggunakan konsistensi antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita telah terlaksana sangat baik (100%), sesuai dengan fase dan unsur metode peer teaching. Motivasi belajar siswa siklus pertama dalam kategori sedang, yaitu mencapai 53,9%, pada siklus kedua motivasi belajar siswa dalam kategori sedang, yaitu mencapai 60,6%, dan siklus ketiga motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi, yaitu mencapai 75,3%. Pencapaian kompetensi menggambar proporsi tubuh wanita siklus pertama siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 44,12%, siklus kedua siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 61,76%, dan siklus ketiga siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 79,41%.

 

IMPROVING STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION TO ATTAIN THE COMPETENCY IN DRAWING BODY PROPORTION THROUGH PEER TEACHING METHOD

Abstract

This teaching research study aims to investigate: (1) the implementation of the teaching of drawing female body proportion by applying the peer teaching method, (2) the improvement of the students’ motivation through the application of the peer teaching method, and (3) the improvement of the attainment of the competency in drawing female body proportion through the application of the peer teaching method in SMK Diponegoro Depok, Yogyakarta. This research was a classroom action research study consisting of three cycles employing the research model by Kemmis and McTaggart. The study was conducted in SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. The research subjects were 34 grade XI students of Boutique Clothing in the academic year of 2013/2014. The technic of research subject taking is conducted by purposive sampling. The data collecting methods were observation, test, and documentation methods. The instrument is observation sheet, performance assessment sheet, and test. The instrument validity testing used the content validity, and was assessed through expert judgment and the reliability was assessed by means of the inter-rater consistency technique. The data were analyzed using the quantitative descriptive technique. The results of the study show that the teaching of drawing female body proportion was well implemented, in accordance with the phase and component of the peer teaching method. In cycle I their learning motivation was in the moderate category, namely 53.9%, in cycle II it was in the moderate category, namely 60.6%, and in cycle III it was in the high category, namely 75.3%. The attainment of the competency in drawing female body proportion in cycle I 44.12% of the students attained the MMC, in cycle II 61.76% of the students attained the MMC, and in cycle III 79.41% of the students attained the MMC.


Full Text:

PDF | 1-15

References


Supriyono, A. (2009). Cooperative learning. Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin & Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Mellita, D. (2008). Metode pembelajaran peer teaching dan problem based learning untuk memotivasi sosialisasi dalam kelas. Jurnal Ilmiah Bina EDUKASI, Vol. 1, No., Desember 2008: 97-98.

Djamarah & Zain. (2008). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Houtson, J. P. (1985). Motivation. New York: Macmillan Publishing Company.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching model-model pengajaran (edisi delapan). (terjemahan achmad fawaid dan ateilla mirza). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Magel, R. (1996). Increasing students participation in large introductory statistics classes. New York: McGraw-Hill.

McLaen, A. (2009). Motivating every learner. London: Sage.

Susilo, M. J. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Rusman. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2009). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology. Fifth edition. New York: McGraw Hill.

Sardiman. (2010). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Schunk, D. H., Patrich, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in education (third edition). London: Pearson Educational LTD., London.

Slavin, E. R. (2008). Psikologi pendidikan: teori dan praktik edisi kedelapan jilid 2. Diterjemahkan oleh Drs. Marianto Samosir. Jakarta: PT. Indeks.

Sukardi. (2008). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wolfook, A. L. (2009). Educational psychology. Boston: Pearson.

Widhiarso, W. (2009). Pengujian model pengukuran psikologi 1. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats