Penamaman karakter kerja kelautan dan perikanan di SMKN 1 Sanden Bantul Yogyakarta

Gustiana Fitra Wahyuna, SMK Negeri 1 Pulau Laut Barat Kota Baru Kalimantan Selatan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penanaman karakter kerja kelautan dan perikanan yang diterapkan di SMKN 1 Sanden, Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian meliputi warga sekolah, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan serta keadaan sekolah secara umum. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, ketekunan, dan diskusi dengan teman sejawat. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini diantaranya yaitu konsep yang dipakai adalah memperbaiki kebiasaan siswa yang kurang baik dan membiasakan yang baik dengan menanamkan karakter-karakter yang berhubungan dengan kebutuhan dunia kerja. Implementasinya dilakukan dengan cara inkulkasi, pembiasaan, keteladanan, dan fasilitasi. Wahana yang digunakan dalam penanaman karakter kerja tersebut yaitu kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler dan intrakurikuler. Hasil penanaman karakter kerja kelautan dan perikanan ini telah memenuhi target dalam kebutuhan dunia kerja walau belum 100%.

 

INCULCATING THE CHARACTER OF THE WORK ON MARINE AND FISHERIES IN SMKN 1 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA.

Abstract

This study is aimed to reveal the inculcation of the character of the work on marine and fisheries in SMKN 1 Sanden, Bantul. This study used the qualitative research method. The subjects of this research included school community, the activities carried out and school condition. The data were collected through observation, participans, interviews, and documentation. The validity of the data was done by triangulation, diligence and discussions with colleagues. The analysis of the data used the interactive analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion. The findings of this study include that the concept used is to improve students poor habits and establish related to the needs of thejob market. Its implementation is done by inculcation, habituation, exemplary, and facilitation. The activities used in the cultivation of the character include extracurricular, intracurricular and cocurricular activities.. The results of this work of the inculcating of character of marine and fisheries has met the target even although not 100%.


Keywords


Penanaman; karakter kerja; kelautan dan perikanan; investment; working character; marine and fisheries

Full Text:

PDF

References


Almusanna. (2010). Revitalisasi kurikulum muatan local untuk pendidikan karakter melalui evaluasi responsif. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. Jakarta: Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional Vol. 16 edisi khusus III, Oktober 2010.

Bohlin E. Karen. (2005). Teaching character education through literature. London and New York: 159

Character Education Partnership. (2012). Character Education. Journal of Character Education Partnership. Diakses tanggal 10 Oktober 2012 dari http://www.freedomforum.org/publications/first/findingcommonground/B13.CharacterEd.pdf

Depdagri. (2009). Undang-undang no. 45 tahun 2009. www.depdagri.go.id/.../- 2009/.../undang-undang-no-45-tahun-2009-

Dharma Kesuma, Cepi Triatna, Johar Permana. (2011). Pendidikan karakter. Kajian teori dan praktik disekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Doni Koesoema. (2007). Pendidikan karakter. Jakarta: Grasindo. 162 hal.

Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosional (Terjemahan Hermaya, T). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ridloudin Ahmad. (2009). Kepala badan pengembangan SDM kelautan perikanan membuka secara resmi diklat kepemimpinan tingkat III angkatan IV tahun 2009 di BDA sukamandi. Diakses pada tanggal 12 Desember 2011 dari www.kkp.go.id/.../kepala-badan-pengembangan-sdm-kelautan-perikan- an-membuka-secara-resmi-dik...

Slamet P.H. (2011). Implementasi pendidikan karakter kerja dalam pendidikan kejuruan: Pendidikan karakter dalam persfektif teori dan praktik dalam Darmiyati Zuchdi (Editor). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Sumaryanto. (2011). Dimensi aksiologis dalam olahraga: relevansinya dalam pembentukan karakter. Cakrawala Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Yogyakarta: LPM UNY Edisi Mei 2011, Th.XXX, Edisi khusus Dies Natalis UNY.

Suwarno. (2012). Di dunia kerja karakter lebih utama ketimbang entrepreneur. www.umk.ac.id/index.php?...di-dunia- kerja-karakter-lebih-utama-ket.. (Diakses tanggal 12 Desember 2012).

Undang-undang no. 20 Tahun 2003. Diakses pada tanggal 5 oktober 2011 dari www.slideshare.net/.../uu-no-20-tahun- 2003 - Amerika Serikat -




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats