Tinjauan kualitas informasi sistem pembelajaran e-learning scele.ui.ac.id (studi kasus: mahasiswa bidang administrasi program vokasi UI)
Abstract
Universitas Indonesia memiliki banyak aplikasi sistem informasi manajamen (SIM). Salah satunya ialah media pembelajaran scele.ui.ac.id. Scele.ui.ac.id banyak digunakan para pengampu matakuliah berbasis IT atau pernah mengikuti pelatihan scele.ui.ac.id ini. Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang kualitas informasi output dari scele.ui.ac.id. Ada 3 aspek yang diuji dalam penelitian ini yaitu: Aspek Bentuk, Aspek Isi dan Aspek waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan atau mendeskripsikan kumpulan data atas hasil pengamatan yang telah dilakukan. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa Bidang Administrasi Program Vokasi UI tahun 2014-2016. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas dari output scele.ui.ac.id berada ditahap berkualitas.
Kata kunci: sistem informasi, kualitas informasi
QUALITY INFORMATION REVIEW OF SCELE.UI.AC.ID E-LEARNING LEARNING SYSTEM (CASE STUDY: STUDENTS OF VOCATIONAL ADMINISTRATION PROGRAM OF UI)
Abstract
Universitas Indonesia has many applications of management information systems(MIS). One of them is the instructional media scele.ui.ac.id. Scele.ui.ac.id is used by many lectures of IT-based courses or they who attended the scele.ui.ac.id training. This study aims to explain the quality of information output from scele.ui.ac.id. Three aspects that were tested in this study are: Form Aspect, Fill Aspect and Time Aspect. The method used in this research is descriptive analysis method with quantitative approach, is research that describes a collection of data on the observations that have been made. The population in this study is students of Administration UI Vocational Program year 2014-2016. Based on these results it can be concluded that the quality output of scele.ui.ac.id is good.
Keywords: information systems, quality of information.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Davis, G. B. (1999). Kerangka dasar sistem informasi manajemen bagian I: Pengantar. Jakarta: Cetakan kesebelas, PT Pustaka Binaman Pressindo.
Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Jogiyanto. (2009). Sistem teknologi informasi (edisi III). Yogyakarta: Andi Offset.
Kumorotomo, W., & Margono, S. A. (2009). Sistem informasi manajemen dalam organisasi-organisasi publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
McClave, J. T., Benson, P. G., & Sincich, T. (2011). Statistik untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
O'Brien, J. A. (2002). Management information systems: managing information technology in the e-business enterprise. New York: Fifth Edition, McGraw-Hill.
O'Brien, J. (2005). Pengantar sistem informasi perspektif bisnis dan manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Purnomo, H. (2012). Persepsi operator sistem informasi manajemen tentang pelaksanaan paket aplikasi sekolah (pas) dan kualitas informasi di sekolah menegah atas negeri di wilayah jabodetabek. Jakarta: Pasca Sarjana FISIP UI.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutabri, T. (2005). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Percetakan Andi.
Umar, H. (2002). Metode riset bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Wahyono, T. (2004). Sistem informasi (konsep dasar, analisis desain dan implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zulganef. (2006). Pemodelan persamaan struktur dan aplikasinya menggunakan AMOS 5: Bandung: Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.11928
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by: