Pengembangan Modul Pembelajaran Penggunaan ArcGIS Online untuk Pembuatan Peta Penyebaran Gedung: Studi Kasus pada Peta Penyebaran SMK Kompetensi Keahlian DPIB di Daerah Istimewa Yogyakarta
Ilham Marsudi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nuryadin Eko Raharjo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to develop a learning module for the use of ArcGIS Online in making the distribution map of the SMK DPIB expertise program in DIY in the Geomatics Practicum II course in the Department of Civil Engineering and Planning UNY. This research is included in research and development or Research and Development (R&D), the 4D (four-D) method by Thiagarajan. The data collection technique spreads questionnaires to respondents. Qualitative descriptive technique as a data analysis technique. The results of this study are: (1) The development of learning media through the 4D stage. The defining stage (Define) is to obtain the needs in using ArcGIS Online., The selected media design stage is the learning module, the development stage (Develop) stage is validated by material experts, and media experts then a feasibility test is carried out on the user ,, and the dissemination stage (Disseminate), the dissemination stage is carried out by spreading the media that has been developed. The learning media developed is a learning module. The feasibility of the learning module is based on the assessment of the material expert, namely 3.93 with the "Feasible" category, media experts of 4.77 with the "Very Appropriate" category, and the user feasibility test of 4.23 with the "Very Appropriate" category.
Keywords: ArcGIS Online, Learning Module, Development
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran penggunaan ArcGIS Online dalam pembuatan peta sebaran SMK program keahlian DPIB di DIY pada mata kuliah Praktikum Geomatika II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), menggunakan metode 4D (four-D) oleh Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan menyebar angket kepada responden. Teknik yang digunakan berupa deskriptif kualitatif sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian mendapatkan hasil yaitu Pengembangan media pembelajaran melalui tahap 4D. Tahap pendefinisian (Define) adalah untuk memperoleh kebutuhan penggunaan ArcGIS Online, tahap perancangan (Design) media yang dipilih yaitu modul pembelajaran, tahap pengembangan (Develop) tahap ini dilakukan validasi ahli materi, dan ahli media kemudian dilakukan uji kelayakan kepada pengguna, dan tahap penyebaran (Disseminate), tahap penyebaran dilakukan dengan menyebarkan media yang telah dikembangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah modul pembelajaran. Kelayakan modul pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, yaitu 3,93 dengan kategori “Layak”, untuk ahli media sebesar 4,77 dengan kategori “Sangat Layak”, sdangkan uji kelayakan pengguna sebesar 4,23 dengan kategori “Sangat Layak”.
Keywords
Full Text:
PDF 7References
Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
ArcGIS. (2020). ArcGIS Online. https:/services.arcgisonline.com. 27 Juni 2020.
Asyhar, Rayandra (2012). Kreatif Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Depdiknas (2009). Permendiknas No. 28 Tahun 2009, tentang Standar Kompetensi Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).
Emzir (2015) Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Firdausi, Arif. Rifai & Barnawi (2012). Profil Guru SMK Professional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Martubi (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, volume 18 nomor 1 halaman 85-102.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sudira. Putu (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XXI Inovasi, Teori, dan Praksis, Universitas Negeri Yogyakarta; UNY Press.
Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I, (1974). Instructional Develop for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hanna Nursanti Sukmantari, Ilham Marsudi, Nuryadin Eko Raharjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.