POLA PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITUR DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO

Authors

  • Agum Anugrah Ugama Hendra
  • Amat Jaedun
  • Wisnu Rachmad Prihadi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36347

Keywords:

Pembelajaran, Sumber daya, Produk, Teaching factory

Abstract

Teaching factory merupakan suatu langkah dalam menyiapkan SDM yang unggul.. Tujuan Penelitian ini untuk 1) mengetahui proses pembelajaran teaching factory; 2) mengetahui sumber daya teaching factory yang dimiliki; 3) mengetahui produk yang dihasilkan dari kegiatan teaching factory; 4) mengetahui kerja sama teaching factory. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskiptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) proses pembelajaran teaching factory telah terintegrasi cukup baik dengan Program Keahlian Teknik Furnitur; 2) sumber daya pendidik masih belum memenuhi jumlah yang seharusnya, serta kelengkapan sarana dan prasana di SMK Negeri 1 Purworejo masih kurang lengkap dari segi jumlah alat dan mesin, sehingga berpengaruh terhadap pelaksanaan praktik; 3) produk yang dihasilkan siswa kelas XI pada Program Keahlian Teknik Furnitur seperti almari, dipan, meja, kursi, rak cermin, pintu, dan jendela berdasarkan kebutuhan konsumen; 4) kerjasama antara pihak SMK Negeri 1 Purworejo dengan pihak industri furnitur belum terjalin, namun untuk kedepannya pihak sekolah terus berusaha untuk dapat berkerjasama dengan industri.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Hendra, A. A. U., Jaedun, A., & Prihadi, W. R. (2020). POLA PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITUR DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 124–138. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36347

Issue

Section

Articles