PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DASAR BERBASIS E-MODUL DI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Authors

  • Muhammad Agphin Ramadhan
  • Santoso Sri Handoyo
  • Muhammad Mahameru Alfarisi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36346

Keywords:

Pengembangan, Bahan ajar, E-Modul, Fisika dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis e-modul pada matakuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta, untuk menunjang proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun secara mandiri. Penelitian dilakukan pada bulan April 2020 - Agustus 2020. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari empat tahap: Define, Design, Development, dan Disseminate. Pengumpulan data melalui angket analisis kebutuhan, validasi bahan ajar oleh para ahli, dan menilai pengguna bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa e-modul yang terdiridari 7 (tujuh) materi. Penilaian oleh ahli media diperoleh data pada persentase validitas e-modul 90%, termasuk kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata data validitas e-modul sebesar 82% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian pengguna produk memperoleh nilai 4,24 dan kategori sangat baik, dan hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan skor peserta sebesar 39% setelah menggunakan e-modul.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Ramadhan, M. A., Handoyo, S. S., & Alfarisi, M. M. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DASAR BERBASIS E-MODUL DI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 117–123. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36346

Issue

Section

Articles