Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Bidang Matematika Sipil melalui Pembelajaran Realistik

Nuryadin Eko Raharjo, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY, Indonesia

Abstract


Realistic Mathematics Education atau Pendidikan Matematika Realistik (PMR) merupakan model pembelajaran kontekstual yang didesain khusus untuk Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kompetensi mahasiswa bidang matematika melalui penerapan PMR dan (2) menganalisa hambatan – hambatan dalam penerapan PMR beserta solusinya. Metode yang digunakan aladah penelitian tindakan kelas (classroom acation research) dengan mengambil subyek penelitan mahaiswa JTPSP yang mengambil mata kuliah matematika. Waktu penelitian mulai 29 Maret 2007 sampai 2 Nopember 2007 pada semester ganjil tahun 2007/2008. Analis data digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik pada mata kuliah matematika dapat meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa dalam bidang matematika yang ditandai: (a) rerata prestasi mahasiswa meningkat (pemahaman mahasiswa tentang aplikasi model pembelajaran yang semakin meningkat (c) keaktifan mahasiswa semakin meningkat dalam mengkonstruksi pengetahuan (d) interaksi mahasiswa dengan dosen yang semakin tinggi (2) kendala yang dihadapi adalah tidak semua sub-sub kompetensi dapat dibuatkan model realistiknya sehingga terdapat beberapa sub kompetensi yang disampaikan tanpa model realistik.


Keywords


pendidikan matematika realistik, kompetensi bidang matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v16i1.9324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: