Pengaruh Strategi Pengulangan Terhadap Kemampuan Retensi Belajar Pneumatik Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNY

Yatin Ngadiyono, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan merangkai sistem pneumatik pada mahasiswa yang diajar dengan strategi pengulangan dan demonstrasi di Jurusan Diknik Mesin FT UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan variabel terikat keterampilan merangkai diagram pneumatik, variabel bebasnya adalah perlakuan strategi pembelajaran. Eksperimen menggunakan model classical experimental design. Sebagai populasi adalah 157 dengan sampel mahasiswa yang menjadi sumber data adalah 61 mahasiswa, dimana 31 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 mahasiswa menjadi kelompok kontrol. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan sebagian besar respon mahasiswa adalah positip, atau dengan kata lain mahasiswa merasa senang dengan pendekatan pengulangan. Tingkat  keterampilan kooperatif mahasiswa dapat dikatakan baik, karena sebagian besar mahasiswa memiliki inisiatif berbagi dan berdiskusi dalam penyelesaian tugas. Keterampilan pneumatik mahasiswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran pengulangan lebih tinggi dari sisi retensi maupun prestasi belajar dibandingkan mahasiswa yang tidak mendapat strategi pembelajaran pengulangan.

Keywords


pembelajaran pneumatik, pengulangan, retensi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i1.7684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: