Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini
DOI:
https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594Keywords:
learning media big book, character building, early childhoodAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya media pembelajaran dalam pembentukan karakter anak usia dini di PAUD Bakti Baitussalam Bantul. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D). Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media pembelajaran big book. Data diperoleh melalui teknik wawancara, lembar penilaian dari ahli media dan materi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok bermain yang berjumlah 28 anak. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajran big book dapat membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran, khususnya pengembangan untuk pembentukan karakter anak usia dini. Penggunaan big book berdampak positive terhadap pembentukan karakter anak, dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 43 dan kelas kontrol dengan rata-rata 39,14.
Kata kunci: media pembelajaran big book, pembentukan karakter, anak usia dini
Developing Teaching Media Through Big Book for Early Childhood Character Building
Abstract
This study aims to assist teachers in developing instructional media particularly instructional media in shaping the character of young children in early childhood Bakti Baitussalam Bantul. This study uses research and development (R & D). The media that has been resulted is the big book media. Data obtained through interview techniques, expert assessment sheets of media and materials. This research subject is child play groups totaling 28 children. Based on the results of the data analysis and discussion, it can be concluded that learning media can be assist teachers in developing instructional media particularly instructional media in shaping the character of young children. The results show that use big book positively effect on the child character building, the experimental class is to gain a higher score is 43 and the control class to obtain a score of 39,14.
Keywords: learning media big book, character building, early childhoodReferences
Borg, WR. & Gall, MD. (1983). Educational research: an introduction. (Rev.ed). New York: Longman
Ditjenpas Kemenkum HAM (2 Mei 2015). Fokus bangun karakter. Jawa Pos. hlm.7
Fadillah, M & Khorida, L.M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Jogjakarta: Arruz Media
Gunawan, D. (2015). Sekali lagi tentang big book. Diambil pada tanggal 5 April 2015, dari http://www.kompasiana.com/dedygunawanhutajulu
Hurlock, EB. (2002). Perkembangan anak. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Jalongo, M R. (2007). Early childhood language arts. New York: Person Education, Inc.
Kemendiknas. (2012). Pedoman pendidikan karakter pada anak usia dini. Jakarta
Latif, M., Zulkhairina., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: Teori dan aplikasi. Jakarta: Prenada Media.
Musthafa, A & Musbikin, I. (2003). Sepasang burung dan Nabi Sulaiman. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Musfiroh, T. (2008). Character building. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Morrison, GS. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Indeks.
Putra, Nusa. (2013). Research & development penelitian dan pengembangan: Suatu pengantar. Jakarta:Rajawali Pers.
Piaget, J. & Inhelder, B. (2010). Psikologi anak, the psychology of the child. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Papalia, DE., Old, SW., & Feldman, RD. (2008). Human development (psikologi perkembangan). Jakarta: Kencana.
Rolina, Nelva & Muhyidin. (2014). Ensikopledia pendidikan anak usia dini, metode & media pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Sugiyono. (2007). Penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sukardjo, dkk. (2010). Desain pembelajaran: evaluasi pembelajaran. Handout perkuliahan: Yogyakarta, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Sadiman, A.S. & Rahardjo R., dkk. (2012). Media pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Tim Puslitjaknov. (2008). Metode penelitian pengembangan. Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan karakter usia dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.