Portrait Analysis of Early Childhood Education in Cities and Villages: The COVID-19 Pandemic Era
Erni Munastiwi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstract: The COVID-19 pandemic has affected significant aspects of our society. In addition to degrading the economic system and human health throughout the world, it disrupts educational activities running in general. With the government's policy of having to stay home, education is diversion through online learning. Online learning is applied to school institutions throughout Indonesia, both in the village and in the city. Network access and facilities in urban areas are better than in rural areas. This research is essential to be conducted as input to equalize online learning support facilities in the ponorogo area of east Java. The method in this study uses qualitative with library studies and at the same time research in the field. Data retrieval using interview and journal analysis techniques after related books. The results of the study suggest that online learning conducted in the city tends to be more effective because of the ease of easy-to-diakse facilities and the full support of parents. Meanwhile, in the village online learning is less effective due to the lack of adequate facilities and lack of support from parents.
Analisis Potret Pendidikan Anak Usia Dini di Kota dan Desa: Era Pandemi COVID-19
Abstrak: Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi aspek-aspek penting dari masyarakat kita. Selain merusak sistem ekonomi dan kesehatan manusia di seluruh dunia, mengganggu kegiatan pendidikan yang berjalan secara umum. Dengan adanya kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah, pendidikan menjadi pengalihan melalui pembelajaran online. Pembelajaran online diterapkan pada institusi sekolah di seluruh Indonesia, baik di desa maupun di kota. Akses jaringan dan fasilitas di perkotaan lebih baik daripada di pedesaan. Penelitian ini penting dilakukan sebagai masukan untuk pemerataan fasilitas penunjang pembelajaran online di wilayah ponorogo Jawa Timur. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan studi kepustakaan dan sekaligus penelitian di lapangan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan analisis jurnal setelah buku terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online yang dilakukan di kota cenderung lebih efektif karena kemudahan fasilitas yang mudah diakse dan dukungan penuh dari orang tua. Sedangkan di desa pembelajaran online kurang efektif karena fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya dukungan dari orang tua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alia Tesa. 2018. Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Tekhnologi Digital. A Journal of language, Literature, Culture, An Education. POLYGOT. Vol 14. No 1. Hal 65-77. Accessed juni 12, 2020. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=pembelajaran+daring+pada+anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qabs&u%23p%3SVmDK5JqnBAsJ
Chusna, AP. 2017. Pengaruh Media Gadged pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. Volume 17. Nomor 02. Desember. Hlm 315-330. Accessed Mei 14, 2020.
CS Huntsinger., PE Jose. 2009. Parental Involvement in Children’s Schooling: Different Meanings in Different Cultures. Early Childhood Research Quarterly. 24. 398-410. Accessed juni 01,2020.https://scholar.google.co.id/schoolar?hl:id&as_sdt=0,5&qs1&q=parental+involvement+early+childhood+education&qst=ib#d=gs_qabs&u=%23p%3DuU5ojtsVHVwJ
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, 2020. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work from Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12. Accessed Mei 12, 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/30434/
Devi Herliandry, L., Enjelina Suban, M., & Kuswanto, H. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Doni Koesoema. Pendidikan Karakter: strategi Mendidik Anak di Era Global. Jakarta: Grasindo, 2010.
Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan, A. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di SMA Laboratorium. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. Volume 2. Nomor 3 179–184. Accessed Mei 16, 2020. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/3894
Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. 2017. Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348. Accessed Mei 18, 2020. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2334
Hasanah, A., Lestari, SL., Alvin Y. R., Rahman, YA. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-9. Accessed Mei 12, 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/30565
Hasanah,FF., Munastiwi, E. 2019. Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 4. Nomor 1. Maret. Hlm 35-41. Accessed Mei 16, 2020. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2359
Hermoyo, R. P. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Journal Pendagogi. Vol 1. No 1. hlm 1-21. Accessed juni 16, 2020. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pendagogi/articel/view/21
Kemendikbud. (2020). PEDOMAN PENYELENGGARAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA YIRUS D/SEASE (COVID-19). Retrieved November 18, 2020, from https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020-2.pdf
Mahase, E. 2020. Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. The BMJ. Accessed Mei 18, 2020. https://www.bmj.com/content/368/bmj.m641.long
Mahfud, M. N., & Wulansari, A. 2018. Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. 58–63. Accessed Mei 12, 2020. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/10214
Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. 2018.
Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012
MK Naserly. 2020. Implementasi Zoom, Google Clasroom, dan Whatsapp Group Dalam mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Study Kasus pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta). Education Consultan Bandung: jurnal AKSARA PUBLIC. Volume 4. Nomor 2. Hal 155-165. Accessed juni 8, 2020.http://scholar.google.co.id/scholar?hl&as_sdt=0%2C5&q=zoom+aplikasi+daring&btnG=#=gs_qabs&u=%23p%3DEsZrOWbUEywJ
Mulyasa E. 2008. Menjadi Guru Yang Profesional: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munastiwi, E. 2018. Manajemen Ektrakulikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 3. Nomor 2. November. Hal 369-378. Accessed Mei 26, 2020. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/manageria/article/view/2256
Munastiwi, E. 2012. Analisis Implementasi Model Pembelajaran Multimedia Berbasis WEB Terhadap Motivasi Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Juni. Hal 151-159. Accessed Mei 26, 2020. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_717097465597.pdf
Munastiwi, E. 2018. Manajemen Model Pembinaan Kelompok Guru Paud Model Multi-Workshop. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak. Volume 4. Nomor 1. Juni. Hal 51-58. Accessed Mei 26, 2020. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1966
Nasution R. 2020. Covid-19 Tidak Menjadi Hambatan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Academia.edu. 1-6. Accessed Mei 25, 2020. https://www.researchgate.net/profile/Mrizki_Nasution/publication/340923449_COVID-19_TIDAK_MENJADI_HAMBATAN_PENDIDIKAN_DI_INDONESIA/links/5ea52d29a6fdccd794550855/COVID-19-TIDAK-MENJADI-HAMBATAN-PENDIDIKAN-DI-INDONESIA.pdf
Novianti, R., Garzia M. 2020. Penggunaan Gadged Pada Anak: Tantangan Baru orang Tua Milenial. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4. Nomor 2. Hlm 1000-1010. Accessed Mei 12, 2020. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/490
Nurdin, N., & Anhusadar, L. 2020. Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Nurkolis, N., & Muhdi, M. 2020. Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. 2018. Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications. Journal of Global Information Technology Management. Accessed Mei 12, 2020. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/1097198X.2018.1542262
Qodriyati, T. U., Raharjo, T. J., & Utsman, U. 2018. Learning Management of Early Childhood Education at Mentari Kids. Journal of Nonformal Education, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.15294/JNE.V4I1.13574
Shahzad, A., Hassan, R., Aremu, A. Y., Hussain, A., & Lodhi, R. N. 2020. Effects of COVID-19 in E-learning on higher education institution students: the group comparison between male and female. Quality and Quantity, 1–22. https://doi.org/10.1007/s11135-020-01028-z
Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, ZI. 2020. Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal 1-10. Accessed Mei 14, 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/eprint/30490
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. 2020. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Vito, B., Krisnani, H. 2015. Kesenjangan Pendidikan Di Kota dan Di Desa. PROSIDING KS: RISET & PKM. Volume 2. Nomor 2. Hal 147-300. Accessed Mei 12, 2020. http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13533
Volery T., Lord D. 2000.Critical Succes Factor in Online Education. International Journal of Educational Managemen. 14/2. 216-223. Accessed juni 05, 2020. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/09513540010344731/full/html?fullSc=1
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v8i1.35212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.