Pemberdayaan masyarakat UKM dalam mengimplementasikan unique selling proposition dan strategi penentuan harga jual

Yunika Murdayanti, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Susi Indriani, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Etty Gurendrawati, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
I Gusti Ketut Agung Ulupui, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Suherman Suherman, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Perkembangan UKM saat ini mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Bagian penting dari suatu ekosistem wirausaha adalah dalam membuka peluang memperluas jangkauan pemasaran produk-produk mereka, bahkan hingga ke luar negeri yaitu dengan unique selling proposition yang baik dan strategi penentuan harga jual yang kompetitif di pasaran. Pengabdian ini dilakukan di Desa Segara Jaya Bekasi Jawa Barat melalui metode wawancara, ceramah dan tatap muka serta diskusi. Pencapaian kegiatan ini adalah dihasilkannya peningkatan kompetensi para pedagang UKM dalam penentuan harga jual, memahami strategi dalam memasarkan produk, berkurangnya distribusi produk kepada para tengkulak, mampu membuat bentuk produk yang unik dan kompetitif di pasaran, mudah memiliki jaringan kerjasama. Saran agar pelatihan ini dapat berkesinambungan dengan periode yang lebih panjang dan materi yang lebih komprehensif.

 

Community empowerment of SME in implementation of unique selling proposition and selling price determination strategies

 

Abstract

The development of SME’s receives a great attention from both government and communities in order to develop competitively with other economic actors. An important part of entrepreneurial ecosystem is opening opportunities to expand the marketing of their products to go abroad with a good unique selling proposition and competitive pricing strategies. This community empowerment took place at Segara Jaya Village, Bekasi, West Java through interviews, lectures, face-to-face methods and discussions. The conclusions of this activities resulted an increase of the competence of SME traders in determining selling prices, understanding strategies in marketing products, reducing product distribution to middlemen, being able to create unique and competitive forms of products in the market, also easily having a network of cooperation. Suggestions that this training can be continued with a longer period and more comprehensive material.


Keywords


kewirausahaan; unique selling proposition; strategi penentuan harga jual; entrepreneurship; unique selling proposition; selling price determination strategies

Full Text:

Fulltext PDF

References


Anggrianto, S. C., Shaari, N., & Hamid, N. binti A. (2019). Faktor terpenting dalam membangun unique selling preposition untuk menjangkau konsumen kelas menengah Indonesia. Universitas Ciputra. http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3003

Indrastiti, N. (2018). Jumlah pelaku UMKM di 2018 diprediksi mencapai 58,97 juta orang. Kontan.Co.Id. https://keuangan.kontan.co.id/news/jumlah-pelaku-umkm-di-2018-diprediksi-mencapai-5897-juta-orang

Kotler, P. (2018). Manajemen pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Mauliyah, N. I., & Kirom, E. A. (2018). Strategi penentuan harga jual sayuran pada pedagang pasar tradisional (Studi fenomenologi pedagang sayur di Blitar). Jurnal Ecoment Global, 3(1), 77. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i1.359

Pramudya, Y. (2020). Membangun dan mengkomunikasikan brand oleh UMKM. Journal of Digital Business and Entrepreneurship, 1(02), 70–80.

Putri, A. S., & Nailufar, N. N. (2019). Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia?page=all

Siagian, A. O., & Indra, N. (2019). Pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terhadap laporan keuangan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 17–35. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.825

Sumardi, S. (2017). e-Marketing: Alternatif dalam pengembangan UMKM di Indonesia. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.30998/jabe.v1i1.1358

Winda, D. (2014). Pentingnya keunikan proposisi penjualan (unique selling proposition). Kompasiana. https://www.kompasiana.com/gadih/54f5feb4a33311f0018b47cc/pentingnya-keunikan-proposisi-penjualan-unique-selling-proposition#

Wuryandani, D., & Meilani, H. (2013). Peranan kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(1), 103–115. https://doi.org/10.22212/jekp.v4i1.71




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v7i1.29707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats