PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PLASTISIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689Keywords:
penggunaan, media plastisin, kreativitas anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunaka media plastisin, (2) perbedaan kreativitas antara kelompok anak yang diajarkan dengan media plastisin dan media balok di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui kreativitas anak. Teknik analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media plastisin. (2) ada perbedaan yang signifikan mengenai kreativitas anak antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perolehan mean kreativitas eksperimen lebih besar dari pada mean kelompok kontrol yaitu 37,00 > 31,17. Hasil uji-t data posttest kemampuan kreativitas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai t-tabel dengan derajat bebas (df) 34 dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah sebesar 2,032. Nilai t- hitung 3,389 > t-tabel 2,032 dan nilai p-value 0,000< taraf signifikansi 0,05.
Kata Kunci: penggunaan, media plastisin, kreativitas anak usia dini
THE USE OF PLASTISIN MEDIA IN IMPROVING CHILDREN CREATIVITY
Abstract
This research aims to know: (1) there are the differences of early childhood creativity of learning before and after using Plastisin, (2) the differences of creativity in learning by using Plastisin and Block of children group at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. This research used quasi-experiment with pretest-posttest control group design. The data collection technique used observation. Analysis data technique was done with T-test. The result of the research was (1) There are differences of early childhood creativities in learning before and after using plastisin media. (2) There are significance differences between creativities the experiment and control group. Creativity experiment mean was bigger than control group 37.00 > 31.17. The result of T-test data from post-test, the creativity ablity of control and experiment group showed that t-table with standard deviation (df) 34 with significance α = 0.05 was 2.032. t-count score 3.389>t-table 2.032 and p-value 0.000 < significance 0.05.
Keywords: the use of, plastisin media, children creativity.References
Howard-Jones, P.A., Taylor, J., & Sutton, L. (2002). The effect of play on the creativity of young children during subsequent activity. Journal Early Child Development and Care. 323-328.
Ismail, A. (2006). Education games menjadi cerdas dan ceria dengan permainan edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Kirk, R.E. (1993). Exsperimental design: procedure for the behavioral sciences. California. Broks Cole Publishing Company.
Lloyd, B. & Howe, N. (2003). Solitary play and convergent and divergent thinking skills in. Preschool Children. Journal Early Childhood Research Quarterly, 18, 22-41.
Miarso, Yusufhadi. (2007). Menyamai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mulyadi. (2004). Kreativitas dan bermain. Disertasi, Jakarta: Universitas Indonesia. Tidak diterbitkan.
Montolalu, dkk. (2008). Bermain dan permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nugraha, A, dkk. (2008). Materi pokok kurikulum & bahan belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono, (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susan, W. (2012). Understanding creativity early Childhood; London. Sage.
Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat.
Swartz, M.I. (2005). Playdough: what's standard. young children. New Youk: Mc Graw Hill.
Tuckman, B.W. (1972). Conducting education researc. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
Zahrah (2011) Penerapan belajar melalui bermain dalam meningkatkan kreativitas dan motorik halus anak usia dini. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Alkhairat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.