EVALUASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP BAGI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS IIA KUTOARJO
Yoyon Suryono, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan, keberhasilan dan kendala-kendala program kecakapan hidup bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Kelas IIA Kutoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model penelitian CIPP. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program pada aspek konteks menunjukkan kesesuaian antara kebutuhan dan partisipasi warga belajar, pengalaman warga belajar dan kondisi lingkungan dengan kegiatan program. Pada aspek masukan menunjukkan motivasi warga belajar, karakteristik warga belajar, karakteristik narasumber, pendanaan, dan sarana prasarana dalam kategori baik. Aspek proses menunjukkan aktifitas warga belajar, strategi pembelajaran dan hubungan antar pribadi dalam kategori baik. Aspek hasil menunjukkan semua kegiatan keterampilan dapat terlaksana dengan baik. Keberhasilan program keterampilan ditunjukkan oleh perubahan perilaku warga belajar yang meliputi kecakapan tangan, kecakapan hati, kecakapan otak dan kecakapan sehat.
Kata kunci: Pelaksanaan program kecakapan hidup, keberhasilan program kecakapan hidup
AN EVALUATION OF THE LIFE SKILLS PROGRAM FOR PRISONERS IN CHILDREN’S CORRECTIONAL CENTER IIA KUTOARJO
Abstract
This study aims to investigate the implementation, the attainment of the success of the program, and the constraints of the program for the prisoners in Children’s Correctional Center Class IIA Kutoarjo. This was an evaluation study employing the CIPP. The data were collected through interviews, documentation, and observations. The context aspect shows relevance among the learners’ needs and participation, their learning experiences and the environmental condition, and the program activities.The input aspect shows that the learners’ motivation and characteristics, the tutors’ characteristics, the funding, and the infrastructure facilities are good.The process aspect shows that the learners’ activities, the learning strategies, and the interpersonal relationship are good.The product aspect shows that all the skills activities can be well implemented. The success of the skills program is indicated by changes in the learners’ attitudes manifested in the manual skill, spiritual skill, intellectual skill, and health skill are good.
Keywords: Implementation of skills program, success of skills programKeywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar. (2006). Pendidikan kecakapan hidup (Life skills education). Bandung: Alfabeta
Depdiknas. (1995). Undang-Undang No. 12 Tahun 1995, tentang pemasyarakat-an
Francis, M. (2007). Life skills education. Diakses dari www.changing-minds.org pada tanggal 22 September 2012.
Hendricks, P. (1998). “Developing youth curriculum using the targeting Life Skills Model” dalam www.extension.edu/4-H.com.
Izzaty, Rita Eka, dkk. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.
Kamil, Mustofa. (2010). Model pendidikan dan pelatihan (Konsep dan aplikasi). Bandung :Alfabeta.
Kartono, Kartini. (1992). Patologi Sosial 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Kaufman, Roger & Thomas, Susan. (1980). Evaluation without fear. New York: New Viewpoints.
Sudjana, Djudju. (2006). Evaluasi program pendidikan nonformal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryono, Yoyon, dkk. (2010). Pendidikan nonformal dan pengurangan kemiskinan di pedesaan (pendekatan pengembangan model program pendidikan kecakapan hidup) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Laporan Hibah Kompetensi pada tahun 2010, tidak diterbitkan, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Worthen, B & Sanders, James. (1973). Educational evaluation:theory and practice. Worthington: Jones Publishing Company
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.